Sukses

Fungsi Benjolan pada Huruf F di Keyboard dan 8 Benda Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Sering kali Anda menemukan hal-hal atau barang-barang tertentu yang begitu umum dan familiar. Namun secara tidak disadari, Anda tidak mengetahui kegunaannya. Contoh yang paling sederhana adalah kantung kecil di saku celana jeans Anda, pahamkah Anda fungsi dan tujuannya?

Melansir dari grunge.com, Senin (2/10/2017), berikut ini adalah sembilan barang atau hal-hal paling umum, tapi tidak banyak diketahui manfaatnya. Penasaran apa saja?

1. Lubang kecil di kotak aluminium foil

Aluminium foil mungkin menjadi barang yang sangat berharga bagi ibu rumah tangga. Ingin menghangatkan makanan? Aluminium foil bisa membantu Anda.

Namun, ada satu hal yang paling menjengkelkan adalah bagaimana gulungan aluminium foil selalu terlepas dan berantakan. Kotak aluminium dibuat sedemikian rupa dengan beberapa lubang di setiap ujungnya untuk memudahkan Anda, lubang tersebut sebenarnya merupakan kunci, menahan gulungan tetap di tempatnya.

2. Kotak kertas makanan yang dibawa pulang

Sekarang beberapa restoran telah menggunakan sebuah kotak kertas untuk makanan-makanan yang Anda beli, namun dibawa pulang. Sadarkah Anda bahwa fungsi barang ini sebenarnya adalah piring?

Kotak ini pertama kali ditemukan Frederick Weeks Wilcox di Chicago dan dipatenkan pada 1894. Saat ini, kotak tersebut telah dipakai di ribuan restoran yang ada di Amerika.

3. Lubang kecil di jendela pesawat terbang

Menurut Business Insider, lubang kecil yang ada di setiap jendela pesawat terbang berfungsi untuk mengatur tekanan udara. Tekanan udara akan berubah drastis ketika pesawat naik ke langit dan saat udara di dalamnya terlalu tertekan, lubang tersebut sebenarnya membantu mengurangi tekanan.

Faktanya, setiap jendela pesawat memiliki tiga panel, jika panel luar hancur, maka panel tengah merupakan satu-satunya pelindung Anda dari tekanan udara di luar pesawat. Selain itu, barang atau hal seperti lubang tersebut juga membantu menjaga kelembapan dan mencegah jendela berkabut.

1 dari 3 halaman

Tujuan dari barang umum di bawah ini

4. Laci di bawah oven

General Electric berbaik hati menjelaskan fungsi dari laci yang seringkali terlihat ada di bawah oven. Tergantung pada setiap jenis oven yang Anda gunakan, pastikan bahwa laci ini masuk ke dalam paket oven yang Anda miliki.

Fungsinya adalah menghangatkan makanan yang baru saja Anda masak. Tentu saja, sangat membantu Anda dalam menyiapkan makan malam, agar tidak terus-menerus menghangatkan makanan, bukan?

5. Tanda panah kecil di alat ukur bensin kendaraan

Pernah mengalami meminjam mobil seseorang dan ketika ingin mengisi bensin, Anda tidak tahu di mana letak tangkinya? Ya, ini hal yang paling umum terjadi.

Jika Anda memperhatikan dengan seksama, ada sebuah tanda panah kecil di dekat simbol alat ukur bensin kendaraan di semua jenis mobil modern. Fungsinya adalah memberitahu Anda letak dari tangki bensin kendaraan yang sedang Anda bawa.

6. Lubang di ujung tutup pena

Business Insider memberikan alasan paling masuk akal untuk lubang yang ada di ujung tutup pena Anda. Bukan desain, namun perusahaan BIC yang bergabung dengan Marvel Cinematic Universe mengungkapkan bahwa lubang tersebut benar-benar merupakan ide cemerlang yang dipikirkan dengan matang.

Lubang tersebut berfungsi sebagai ventilasi, jika sewaktu-waktu ada anak Anda yang tidak sengaja menelan tutup pena. Ini adalah tingkah laku yang umum, bukan, melihat bayi yang memakan segala hal yang mereka temukan?

Faktanya, ada sekitar 100 orang di Amerika yang meninggal setiap tahunnya karena tersedak tutup pena. Mengerikan, bukan?

2 dari 3 halaman

Fakta mengejutkan di balik fungsi dari barang-barang paling umum ini

7. Lubang di ujung alat pengukur

Jika Anda pernah memperhatikannya, terdapat lubang di ujung alat pengukur. Ya, alat pengukur juga bisa menjadi alat yang berbahaya jika tidak digunakan dengan benar, karena ujungnya yang begitu tajam.

Untuk menggunakan sebagai alat pengukur, Anda harus menancapkan ujungnya dan menarik ujung lainnya. Lubang yang ada di ujung alat pengukur tersebut berfungsi untuk ditempelkan pada sekrup dan Anda tidak akan tergelincir lagi ketika menariknya.

8. Kantung kecil di saku celana jeans

Banyak orang mengira bahwa kantung ini tidak berguna, karena Anda bahkan tidak dapat memasukkan kedua ujung jari ke dalamnya, bukan? Pada tahun 1800-an, kantung ini digunakan untuk menyimpan beberapa benda yang selalu dibawa oleh kaum pria, seperti jam tangan dan rokok.

9. Benjolan kecil di huruf F dan J pada keyboard laptop

Benjolan kecil pada huruf F dan J paling banyak ditemukan pada keyboard QWERTY, mengapa? Baris keyboard selalu dimulai dengan huruf ASDF dan ini dinamakan "home row," tempat jari Anda seharusnya berada ketika mulai mengetik.

Benjolan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat para juru ketik menemukan rumah bagi jari-jari mereka, tanpa mencari lagi. Menarik, bukan?

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cek Kepribadian dan Peruntungan Anda dari Jari Kaki
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini