Sukses

Wujudkan Liburan Impian dengan 6 Strategi Keuangan Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering kali iri melihat foto-foto liburan teman-teman di media sosial? Berapa banyak uang yang mereka habiskan untuk liburan tersebut? Bagaimana caranya mereka mengumpulkan uang?

Travelling ke berbagai tempat memang menjadi impian bagi setiap orang. Namun, seringkali masalah finansial menjadi penghalang dalam mewujudkan impian tersebut. Lalu bagaimana caranya agar impian liburan keliling dunia bisa Anda wujudkan?

Dilansir dari FemaleMag, Minggu (1/10/2017), berikut enam strategi ampuh yang bisa dilakukan untuk mengendalikan diri dari pengeluaran, sehingga Anda dapat memperhitungkan pengeluaran dan mewujudkan liburan impian Anda.

Jangan terlalu sering pergi ke Mal

Pada awalnya ke mal hanya sekadar untuk jalan-jalan atau refreshing, tapi sadarkah ketika ke Mal, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membeli sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan terlebih ketika bosan, sedih ataupun lapar.

Situs Belanja Online

Menghabiskan waktu di depan gadget tentu saja menyenangkan. Terlebih ketika melihat diskon yang sangat banyak dari situs belanja online favorit Anda. Namun sayangnya, hal ini justru akan membuat dompet semakin menipis dan membuat impian liburan Anda semakin jauh. Untuk itu, mulai sekarang, temukan hobi lain selain online di situs belanja favorit Anda.

Tetapkan Tujuan

Mulailah untuk menetapkan tujuan berlibur, kapan dan dengan siapa. Hal ini akan mengingatkan Anda untuk tidak membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan sehingga lebih giat menabung untuk perjalanan besar.

Pisahkan Pengeluaran

Mulailah untuk menyisihkan anggaran untuk kebutuhan pribadi dan harus disiplin akan hal tersebut.

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Buat Daftar Belanja

Daftar belanja tidak hanya membantu mengingatkan Anda akan apa yang harus dibeli, tetapi juga memastikan Anda untuk tidak membeli sesuatu di luar daftar tersebut. Usahakan untuk membawa uang secukupnya ketika berbelanja sehingga kemungkinan untuk menghabiskan uang tambahan di luar kebutuhan tidak terjadi.

Investasi

Apabila Anda tipe orang yang sangat sulit untuk menabung, maka alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara berinvestasi. Anda bisa membuka rekening deposito di bank ataupun menginvestasikannya dalam bentuk emas.

*(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
5 Alasan Penting Punya Tenggat Waktu Saat Berbisnis
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Pengusaha? Simak 4 Tahap yang Anda Perlu Lewati