Sukses

5 Bahan Dapur Ini Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah yang bersih dan rapi tentu membuat suasana rumah lebih nyaman dan menyenangkan. Namun tidak semua ibu setuju dengan penggunaan bahan-bahan kimia untuk membersihkan rumah. Mengingat faktanya, ada 62 persen bahan kimia beracun yang terkandung dalam produk pembersih rumah. Banyak risiko yang Anda hadapi jika produk-produk pembersih ini tak sengaja termakan oleh anak-anak. Jangan mau ambil risiko, karena faktanya ada banyak bahan dapur yang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan rumah, seperti yang dilansir dari Naturallivingideas.com, Jumat (29/9/2017).

1. Cuka Putih

Jika di dapur Anda masih terdapat cuka yang sudah jarang di gunakan, sebaiknya jangan dibuang. Cuka dapat membantu menghilangkan jamur, bakteri berlebihan, dan menyulap rumah menjadi bersih berkilau. Anda juga dapat menambahkan baking soda, untuk mendapatkan hasil yang lebih menyeluruh. Bahan yang Anda butuhkan adalah setengah cangkir cuka putih, 2 sendok makan baking soda, 10 tetes minyak esensial lemon untuk menutupi bau cuka yang menyengat. Campurkan semua bahan, dan tuangkan dalam botol semprot.

2. Baking Soda

Anda kebingungan dengan piring maupun peralatan dapur yang menguning, dan sulit dibersihkan. Air dan sabun saja tidak cukup, Anda memerlukan baking soda untuk mengangkan semua noda pada alat dapur Anda. Siapkan 1 sendok makan baking soda dan campurkan dengan air, lalu kocok dan semprotkan pada noda yang ingin dibersihkan. Kaca jendela yang kotor, juga dapat terlihat lebih bersih dengan menggosokkan cairan baking soda.

 

1 dari 2 halaman

3. Kenari

Siapa sangka bumbu dapur ini dapat berfungsi sebagai pembersih furnitur rumah Anda. Jika Anda memiliki furnitur kayu yang memiliki banyak bekas goresan, jangan buru-buru membuangnya. Kemiri dapat menyamarkan, maupun menghilangkan goresan pada furnitur berbahan kayu.

4. Garam Meja

Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan, dan harganya yang cukup terjangkau. Ambil 1 sendok makan garam dan tuangkan pada ketel maupun wajan hitam, gosok dengan perlahan dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bilas ataupun lap dengan menggunakan kain basah.

5. Beras

Beras yang kita gunakan sebagai makanan pokok sehari-hati, ternyata dapat digunakan sebagai pembersih rumah. Caranya dengan meletakkan 1sdm beras mentah, dan campurkan dengan air hangat dan deterjen. Setelah didiamkan sebentar, gunakanlah campuran cairan ini sebagai pembersih keramik maupun vas bunga.

 

 

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Saat Merenovasi Dapur, Hindari Kesalahan Seperti ini!