Sukses

8 Tips Sebelum Bermain Arung Jeram bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Arung jeram merupakan salah satu aktivitas yang menantang adrenalin. Keseruan bermain arung jeram atau rafting ini makin terasa saat arus sungai kencang. Sensasi mengikuti arus sungai yang kencang inilah yang membuat beberapa orang ketagihan untuk mencobanya. Jatuh dari perahu karet arung jeram bisa saja terjadi.

Namun, tak perlu skill atau kemampuan berenang untuk bisa mengikuti arung jeram, karena olahraga air ini bisa diikuti siapa pun. Sebelum Anda siap memacu adrenalin di derasnya sungai untuk rafting, berikut tipsnya untuk para pemula.

Tips Bermain Arung Jeram

1. Tubuh Harus Fit

Hal utama yang harus Anda penuhi sebelum ikut rafting adalah kondisi tubuh. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat. Berarung jeram membutuhkan kondisi tubuh yang fit dan bertenaga, sehingga sangat riskan dilakukan saat tubuh sakit atau lemas.

2. Pakaian

Untuk nyaman selama permainan, lebih baik gunakan kaus katun dan celana pendek. Selain itu, gunakan sandal jepit gunung karena tidak akan mudah lepas dibawa oleh arus liar.

3. Perlengkapan

Umumnya, perlengkapan untuk rafting sudah disediakan oleh pihak arung jeram. Perlengkapan tersebut seperti helm pelindung dan jaket pelampung. Pastikan jaket yang dipilih nyaman untuk dikenakan, pas dibadan, tidak terasa longgar atau terlalu sempit. Begitu pula dengan helm pelindung. Pilihlah helm yang pas di kepala dengan memastikan tali pada helm tidak menyeberang dagu, tetapi berada di bawah dagu.

4. Pemanasan

Lakukan sedikit pemanasan sebelum bermain arung jeram. Umumnya, pemandu akan mengajak para pemain untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika kurang pemanasan, bukan tak mungkin tangan atau kaki keram saat mengayuh dan menahan arus.

5. Posisi Duduk

Posisi duduk berada di tepi perahu karet. Jangan duduk di tengah atau dasar perahu karet. Formasi posisi duduk juga umum disesuaikan dengan berat badan. Lalu jepit kaki di bagian dasar perahu sehingga saat Anda terombang-ambing akan lebih aman dan nyaman.

6. Dayung

Perhatikan cara menggunakan dayung, salah-salah menggerakkan dayung bisa melukai diri sendiri atau orang lain. Jika Anda duduk di sebelah kanan, maka genggang ujung dayung dengan telapak tangan kanan begitu juga sebaliknya.

7. Saat terjatuh

Saat Anda terjatuh ke sungai, tetaplah tenang dan jangan panik! Arahkan tubuh menghadap atas atau terlentang dan ikuti arusnya. Lalu arahkan tubuh sesuai arah arus, jangan membelakangi arus. Angkat kaki hingga ke permukaan air untuk mengetahui ada batu di depanmu atau tidak dan menahannya dengan kaki.

8. Perahu Terbalik

Saat arus sedang deras, kemungkinan untuk perahu terbalik bisa saja terjadi. Karena suasana akan gelap seketika dan terjadi begitu cepat, tetaplah tenang! Cobalah keluar dari perahu yang terbalik dengan cara menyelam. Berada di bawah perahu yang terbalik dikhawatirkan akan terkena batu.

Kini saatnya Anda siap untuk bermain arung jeram bersama teman-teman di sini.

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan di Taman Bermain? Simak Cara Dapatkan Tiket Murah
Artikel Selanjutnya
Inspiratif, Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda Profesional