Sukses

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Beras merupakan salah satu bahan pokok, yang juga menjadi makanan utama orang Indonesia. Namun, setelah mencuci beras dengan bersih, Anda pastinya akan membuang air cucian beras.

Namun, tak banyak yang tahu manfaat air cucian beras untuk kecantikan wajah dan rambut. Berikut ini manfaat air beras untuk wajah dan rambut Anda, seperti dilansir dari Naturallivingideas.com, Sabtu (30/9/2017).

1. Pembersih wajah

Air beras dapat dipakai sebagai pembersih wajah sehari-hari. Cukup celupkan kapas ke dalam air cucian beras, lalu pijat secara perlahan ke wajah Anda selama beberapa menit.

Pastikan air cucian beras yang digunakan adalah yang sudah dibilas dengan bersih. Usap air beras dengan kapas pada wajah hingga leher, dan biarkan mengering dengan sendirinya. Hal ini untuk memastikan semua nutrisi dari air beras terserap dengan merata. Bila dilakukan secara rutin, wajah akan terasa lebih lembut dan terlihat lebih cerah.

2. Mengobati Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari

Air beras dapat membantu mengurangi bintik-bintik pada wajah dan meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari. Air beras memiliki tingkat antioksidan, termasuk senyawa vitamin A, C, dan flavonoid. Hal inilah yang membantu menghaluskan tekstur kulit, mengatasi hiperpigmentasi, serta mengurangi pori-pori besar. Tidak jarang banyak produk kecantikan, yang menggunakan bahan dari beras.

1 dari 2 halaman

3. Membuat Rambut Lebih Lembut

Wanita yang tinggal di desa Huangluo di Tiongkok menggunakan air beras sebagai rahasia kecantikan rambut alami mereka. Air beras membantu memperbaiki elastisitas rambut, yang akan membuat mahkota wanita lebih kuat, berkilau, dan mudah diatur.

Sebuah penelitian International Journal of Cosmetic Science pada 2010, menunjukkan bahwa air beras memberikan manfaat baik bagi rambut yang mudah patah dan rontok. Cara pakainya dengan menggunakan sampo yang biasa Anda lakukan, dan bilas dengan air beras.

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut Wanita

Kebanyakan wanita di daerah desa Huangluo memiliki rambut yang panjangnya lebih dari 55 inci. Mereka bahkan tampil di Guinness Book of Records sebagai desa rambut terpanjang di dunia. Bila Anda menginginkan rambut panjang dan kuat, tentunya libatkan air beras sebagai perawatan rambut Anda. Caranya dengan tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary atau lavender dan air beras, lalu jadikan sebagai masker rambut.

 

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Kulit Biji Alpukat Ternyata Ampuh Obati Sakit Jantung dan Kanker
Artikel Selanjutnya
Rutin Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu, Ini Hasilnya