Sukses

Masih Bingung? Simak 11 Tanda Anda Sudah Siap Menikah

Liputan6.com, Jakarta Menikah bukan sesuatu yang bisa dilakukan serta merta dalam waktu yang singkat. Menurut penelitian di Amerika, 40 hingga 50% pasangan yang menikah memutuskan untuk bercerai.

Inilah mengapa banyak orang memerlukan waktu yang lama untuk memutuskan menikah. Dilansir dari thelist.com, Rabu (27/9/2017), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah siap menikah. Penasaran?

1. Anda sangat ingin menikah

Jika menikah adalah hasrat atau keinginan yang keluarnya dari diri Anda sendiri, bukan keluarga atau kerabat dekat, ini bisa menjadi salah satu tanda. Di sini Anda telah menyadari bahwa menikah bukan suatu norma atau kewajiban yang harus diikuti, namun sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan.

2. Anda tidak ragu untuk menikah dengan pasangan

Salah satu tanda lainnya adalah Anda siap menikah dengan pasangan dan tidak mengharapkan pribadinya akan berubah di masa depan. Faktanya, prediksi terbaik dari perilaku pasangan adalah sebelum menikah, bukan setelah menikah.

Ketika Anda masuk ke dunia pernikahan dan berharap pasangan akan berubah, ini kesalahan besar. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan wanita yang ragu akan suaminya di masa depan lebih cenderung bercerai ketika menikah.

3. Anda memahami komitmen

Menikah berarti bersedia bersama dengan seseorang lainnya di saat suka dan dua. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang benar-benar siap menikah cenderung telah menghabiskan banyak waktu bersama pasangannya untuk menghadapi masa baik dan buruk.

 

 

1 dari 3 halaman

Tanda-tanda Anda telah siap menikah

4. Anda bisa berbeda pendapat dengan pasangan tanpa rasa takut

Faktanya, konflik dapat membuat Anda dan pasangan semakin intim dan dekat, membantu dua orang untuk saling mengenal.

5. Anda bisa berkomunikasi dengan terbuka

Jika Anda dan pasangan bisa berkomunikasi tentang apapun, besar dan kecil, ini merupakan indikator Anda telah siap menikah. Berkomunikasi secara jujur dengan pasangan juga indikator dari kepuasan terhadap hubungan itu sendiri yang lebih tinggi.

6. Anda dan pasangan sudah membicarakan uang

Diskusi terbuka tentang uang juga mengungkapkan bahwa Anda telah siap menikah. Menurut penelitian, berdiskusi tentang uang jauh lebih menantang dibandingkan dengan kematian, politik, atau agama.

7. Anda jujur kepada pasangan

Tanda lainnya dari kesiapan Anda menikah adalah kejujuran kepada pasangan. Ketika berada di dekatnya, Anda benar-benar menjadi diri sendiri, tanpa perlu menutupi apapun atau berusaha menjadi orang lain.

2 dari 3 halaman

Tanda-tanda Anda telah siap menikah

8. Anda memiliki tujuan yang sama tentang masa depan dengan pasangan

Berbagai hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja, sangat penting untuk dipastikan bahwa Anda dan pasangan berada di halaman yang sama, seperti masalah anak. Pastikan Anda dan pasangan telah saling berkompromi, bukan berkorban.

9. Nilai Anda dan pasangan sama

Penting untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan memiliki nilai dan kepercayaan yang sama. Berbagi nilai yang sama berarti sepakat tentang perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima.

10. Anda mencintai dan menghargai satu sama lain

Ketika memutuskan untuk menikah, mencintai tanpa syarat, saling menghormati satu sama lain juga harus diperhatikan. Selain itu, rasa cinta dan hormat harus berjalan beriringan agar hubungan tetap berlangsung sehat dan bertahan lama.

11. Anda tahu bahwa menikah adalah keputusan yang tepat

Jika Anda masih ragu, cobalah lihat kembali pada diri sendiri dan dengarkan insting. Faktanya, untuk memutuskan sesuatu yang penting, seperti cinta dan pernikahan, mendengarkan nasihat ibu juga bisa sangat membantu. Jadi apakah Anda telah siap untuk menikah?

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis