Sukses

Berhenti Lakukan 6 Hal Ini pada Wajah Anda

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah bersih, kencang, dan bersinar agar terlihat cantik bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. Dalam melakukan perawatan kulit wajah, ada yang memilih melakukan perawatan khusus pada tenaga profesional atau memilih untuk melakukan perawatan ringan di rumah. 

Seperti yang dilansir dari elle.com, ternyata ada beberapa hal yang tanpa disadari sering dilakukan terhadap kulit wajah Anda dan dapat memengaruhi kondisinya. Penasaran apa saja? 

1. Menggunakan Sabun Cuci Muka dengan Kandungan yang Berlebihan

Sebagian besar wanita memiliki kondisi wajah yang berminyak, dan rentan terhadap jerawat. Sering kali Anda berpikir menggunakan produk pembersih wajah, yang dapat seketika menghilangkan minyak pada wajah Anda. Alhasil, kulit akan terasa kesat, kering, dan kasar setelah cuci muka. Namun, hal ini ternyata dapat memperburuk keadaan kulit. Terdapat fungsi pada kulit wajah untuk mengurangi minyak secara otomatis. Bila Anda kerap mencuci muka dengan produk tersebut, kemungkinan besar adalah minyak pada wajah kembali muncul. Untuk itu, gunakanlah sabun cuci muka dengan tekstur susu, maupun yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit wajah Anda.

2. Tidur dengan Sarung Bantal yang Salah

Tampaknya masih banyak orang yang tidak begitu memberikan perhatian pada hal ini. Tidur dengan sarung bantal yang kasar dan kotor, akan membuat kolagen wajah rusak permanen. Hal ini disebabkan karena Anda tidur dengan posisi menyamping dan wajah menekan pada sarung bantal. Untuk itu, ganti dengan sarung bantal yang lebih lembut seperti satin atau sutera. Selain itu, cucilah sarung bantal dan sprei Anda seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan pada sarung bantal.

3. Lupa Menghapus Makeup Saat Tidur

Mungkin Anda terlalu capek untuk menghapus riasan setelah acara pesta dan memilih tidur dengan kondisi wajah yang masih full make up. Kebiasaan ini merupakan kesalahan terbesar yang banyak dilakukan para wanita. Hal ini akan menyumbat kelenjar minyak, dan membuat pori-pori wajah terlihat lebih besar. Sisa kotoran dan riasan yang menumpuk, tentunya akan menimbulkan jerawat dan peradangan.

Saksikan Video Menarik Berikut: 

1 dari 2 halaman

4. Menggunakan Produk Wajah Secara Berlebihan

Setiap wanita tentunya memiliki rutinitas kecantikan. Salah satunya dengan menggunakan krim, toner, atau serum wajah. Sering kali Anda gonta-ganti produk wajah dengan tujuan menemukan produk yang paling cocok pada wajah. Namun, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi wajah. Dengan menggunakan terlalu banyak produk aktif, akan memberikan iritasi dan kulit menjadi sensitif. Alhasil, wajah terlihat kemerahan dan kulit dapat terkelupas.

5. Memencet Jerawat

Ketika wajah Anda berjerawat, tampaknya hal yang paling menyenangkan adalah memencet dan memecahkan jerawat Anda. Namun, dengan menyentuh apalagi memencet jerawat, akan memperparah kondisi jerawat itu pula. Hal ini akan memperbesar pori-pori dan yang pastinya bekas jerawat yang silut disamarkan.

6. Kurang Tidur

Seperti yang kita telah ketahui, memberikan tubuh waktu istirahat malam yang baik dan teratur dapat memberikan banyak manfaat. Selain memberikan peningkatan energi, metabolisme tubuh, tidur dengan waktu yang cukup dapat berpengaruh pada kondisi wajah. Orang yang cenderung sulit tidur dan memiliki waktu sedikit untuk beristrirahat, akan memiliki lingkaran hitam pada bawah kelopak matanya. Kulitnya pun tampak lebih kusam, pucat, dan terlihat lebih tua.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Tidak Puas dengan Hubungan Asmara