Sukses

Kulit Wajah Kering? Ini Tips agar Tetap Cantik dengan Makeup

Tips ini akan membantu Anda merawat kulit kering sehingga tetap cantik ketika menggunakan makeup.

Liputan6.com, Jakarta Makeup sudah menjadi kebutuhan hampir setiap wanita. Namun, hasil makeup biasanya sangat tergantung dengan kondisi kulit. Kulit yang indah dan sehat akan menghasilkan tampilan makeup yang cantik.

Pemilihan makeup pun perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Jika kulit Anda kering, maka perawatan dan pemilihan produk makeup yang tepat adalah kuncinya.

Ciri-ciri kulit kering adalah kulit terasa terlalu kencang, terutama setelah membersihkan wajah dengan sabun. Hal ini terjadi karena minimnya kadar minyak dalam kulit serta kurangnya kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya.

Warna kulit cenderung tidak merata dan permukaan cenderung kusam serta sering mengalami masalah kulit mengelupas jika kulit kurang kelembapan atau dehidrasi.

Melansir dari buku Because You're Special oleh Make Over dan makeup artist Philipe Karunia, ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh wanita dengan jenis kulit kering agar kulitnya tetap sehat dan cantik saat mengenakan makeup.

Perawatan paling tepat untuk kulit kering, yakni pada pagi hari bersihkan kulit dengan air dan segera aplikasikan pelembap setelahnya. Gunakan air suhu ruang dan hindari suhu air yang terlalu panas karena akan mengikis kadar kelembapan alami kulit.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembersihan dan pemilihan makeup

Bersihkan kulit wajah satu kali sehari, terutama setelah beraktivitas. Hindari membersihkan kulit terlalu sering, karena akan mengikis kadar minyak dan kelembapannya.

Lakukan perawatan eksfoliasi dua hari sekali untuk membantu merangsang produksi kelenjar minyak. Pilih exfoliating cream yang mengandung microbeads atau spheres yang lembut dan hindari yang mengandung garam atau seeds.

Gunakan masker wajah yang berfungsi meningkatkan kadar air sekaligus menutrisi kulit, misalnya yang mengandung hyalurunat secara rutin setiap minggunya.

Pemilihan makeup untuk mereka yang berkulit kering sebenarnya cukup mudah. Sebab, kulit tidak akan terlihat sangat berminyak meskipun menggunakan makeup yang berbahan dasar minyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.