Sukses

Liburan ke Luar Negeri, Ini Negara Favorit Pelancong Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri kini tak lagi hanya impian. Masyarakat dengan status ekonomi menengah pun sudah dapat menikmati liburan ke luar negeri.

Agustinus Pake Seko, Presiden Direktur PT Bayu Buana mengatakan, orang Indonesia yang liburan ke luar negeri biasanya dimulai dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi negeri tetangga, biasanya akan beranjak ke Korea Selatan dan Hong Kong.

Puas dengan negara-negara tersebut, orang Indonesia biasanya penasaran menjajal Jepang, Australia, hingga Amerika Serikat. Baru setelahnya benua Eropa menjadi tujuan.

Data dari Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mencatat peningkatan sebanyak10,4 persen atau sekitar 492.523 orang yang berangkat ke luar negeri untuk berlibur. Padahal dibanding taun 2016 hanya tercatat 441.340 orang yang berangkat berlibur ke luar negeri. Selain itu pada semester pertama 2017 perlintasan WNI keluar negeri juga masi sangat besar. Total ada 8.765.486 orang berpergianke luar negeri.

Yunita Widjaya, General Manager Holidays PT Bayu Buana, mengatakan, minat yang besar dari masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar negeri tak luput dengan kehadiran media sosial. Kini semakin mudah akses melihat foto-foto orang yang berlibur ke luar negeri.

"Jadi semua foto liburan di depan mata, minat untuk liburan pun semakin tinggi," ujar Yunita saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Saksikan juga video menarik berikut ini.

1 dari 2 halaman

Paket Menarik

Semakin mudahnya mengurus dokumen, seperti paspor dan visa pun menjadi pendorong utama masyarakat berlibur ke luar negeri. Selain itu, banyak pula tersedianya paket ke luar negeri dengan harga terjangkau.

Seperti Bayu Buana, salah satu perusahaan pariwisata terdepan di Indonesia, mengadakan Bayu Buana Holiday Travel Fair 2017. Untuk travel fair kali ini, destinasi yang disorot adalah negara yang memiliki musim dingin untuk winter holiday. Pilihan destinasi seperti Eropa dan Jepang pun ditawarkan dengan harga yang bersaing.

Paket perjalanan ke Eropa misalnya dijual dengan harga mulai dari Rp 25 juta. Paket tersebut sudah termasuk biaya tiket, penginapan, dan makan selama 13-15 hari.

Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Turut Meriahkan Resepsi Diplomatik di Mumbai
Artikel Selanjutnya
Kemenpar Gencar Promosikan Indonesia di Europalia Arts Festival