Sukses

7 Makanan yang Bisa Menghambat Munculnya Keriput di Wajah

Liputan6.com, Jakarta Tanda penuaan seperti keriput adalah sesuatu yang nyata dan tidak bisa Anda lawan. Namun ternyata, makanan yang tepat dapat membuat perbedaan serius pada kulit wajah Anda.

Makanan yang padat nutrisi akan membuat kulit halus dan tetap terhidrasi, membantu mempertahankan serat kolagen dan elastisitas yang dibutuhkan agar kulit bebas kerutan. Dilansir dari ehow.com, Kamis (28/9/2017), berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda melawan munculnya keriput di wajah. Penasaran?

1. Tomat

Tomat kaya akan sumber lycopene, antioksidan kuat yang mampu membantu menetralkan beberapa efek penuaan akibat kerusakan karena paparan sinar matahari. Tomat menyediakan banyak vitamin C, nutrisi yang Anda perlukan untuk membentuk kolagen baru, serta vitamin A yang memberi kulit cahaya alami.

Berikut manfaat tomat untuk kecantikan kulit dan cara mengolahnya di rumah dengan sederhana. (Foto: iStockphoto)

2. Telur

Telur juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin A. Selain itu, telur juga menyediakan lemak sehat, membantu kulit tetap lembap untuk mengurangi kerutan, zat besi, tembaga, dan seng, mineral yang menjaga kulit tetap halus, serta protein yang memasok asam amino agar kulit tetap kuat.

3. Air putih

Ya, Anda tentu sering mendengar bahwa minum air putih sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Selain air putih, teh juga merupakan asupan penting bagi kulit untuk melawan keriput.

 

1 dari 2 halaman

Makanan untuk menghambat munculnya keriput

4. Kaldu tulang

Makanan ini pernah menjadi tren di tahun 2016 karena manfaat anti penuaannya. Karena harus dimasak dalam waktu lama, bisa lebih dari 24 jam, kaldu tulang adalah sumber kolagen yang hebat, dan protein yang dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut.

5. Selada air

Selada air memiliki nutrisi yang kaya, hampir tidak ada vitamin A yang lebih baik daripada selada air. Selada air juga merupakan sumber dari potassium yang baik, mineral bagi jantung yang sehat, serta lemak omega 3 yang dapat membantu melawan peradangan.

6. Minyak zaitun

Memilih jenis minyak yang tepat untuk jenis kulit Anda akan membantu Anda mengurangi masalah yang akan terjadi pada wajah. (foto: Istockphoto)

Kuncinya adalah melembapkan. Minyak zaitun memasok asam lemak tak jenuh yang sehat untuk mendukung keseimbangan lipid kulit, dilengkapi dengan antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan sinar matahari.

7. Blueberry

Buah blueberry dapat meningkatkan sekitar 85% tingkat hidrasi kulit. Selain itu, blueberry juga mengandung vitamin C untuk mendukung produksi kolagen untuk memerangi efek penuaan, seperti keriput.

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis