Sukses

6 Trik Liburan Nyaman Tanpa Mengkhawatirkan Pekerjaan di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Liburan merupakan salah satu cara terbaik untuk memulihkan kesehatan fisik, meningkatkan produktivitas serta kreatifitas. Namun sayangnya, seringkali liburan akan terasa menyiksa ketika Anda mulai khawatir mengenai pekerjaan di kantor. Lalu bagaimana caranya mendapatkan liburan yang nyaman tanpa perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa email ataupun telepon masuk? Dilansir dari Myfatpocket, Selasa (26/09/2017), berikut cara cerdas yang perlu Anda siapkan sebelum memulai liburan.

Konsultasi dengan Atasan

Sebelum memutuskan untuk reservasi tiket maupun biro perjalanan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan atasan. Bisa jadi mereka membutuhkan bantuan Anda untuk menyelesaikan sebuah proyek besar yang tidak bisa diwakilkan kepada orang lain.

Ingatkan Rekan Kerja

Jika memungkinkan, sampaikanlah kepada rekan kerja Anda jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Ketika medekati hari-H jangan lupa ingatkan kembali mereka mengenai perjalanan Anda.

Menyelesaikan Pekerjaan

Cobalah untuk mengurus dan menyelesaikan beberapa pekerjaan yang akan datang sebelum Anda memutuskan untuk pergi liburan. Selain membuat Anda nyaman selama liburan, hal ini juga akan membantu meringankan pekerjaan rekan kerja sehingga mereka tidak perlu khawatir dengan ketidakhadiran Anda.

Menemukan Pengganti

Buatlah daftar tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh rekan kerja atau pengganti yang terpercaya untuk melakukan semua pekerjaan tersebut.

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Berikan Penjelasan Jadwal Liburan Anda

Sampaikanlah kepada orang-orang tertentu atau atasan Anda mengenai ketersediaan Anda mengecek email selama liburan. Jika Anda tidak ingin mendapatkan liburan tanpa gangguan maka mintalah pengertian mereka agar Anda tidak harus mengecek dan mengaktifkan notifikasi setiap saat.

Matikan Notifikasi Ponsel

Sebagian oraang tidak bisa benar-benar mematikan ponsel selama berlibur. Terlebih jika Anda adalah pengguna media sosial aktif. Untuk itu, cukup matikan saja notifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Bahkan jika perlu, Anda bisa menggantinya dengan nomor ponsel yang baru. 

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
5 Gaya Libur Panjang Anti Ribet Tanpa Harus ke Luar Kota