Sukses

Pohon Trinil Raksasa di Lamongan Jadi Tempat Wisata Selfie Unik

Liputan6.com, Jakarta Unik Anda penyuka kisah Harry Potter pasti tidak asing dengan nama pohon dedalu perkasa. Kini Anda tak perlu berfantasi berada di dunia khayalan JK Rowling tersebut. Di Lamongan Jawa Timur, tepatnya di Dusun Wide Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, telah ditemukan sebuah pohon raksasa mirip pohon Dedalu Perkasa di serial Harry Potter.

Pohon dengan akar besar meliuk menjalin membentuk jejari dan jaring-jaring ini menjadi hits dan ramai dikunjungi wisatawan. Akarnya unik saling melilit dan asli bukan karena dibentuk oleh tangan manusia. Ada lima titik akar pohon trinil yang saling terkait dan dijadikan obyek foto selfie para pengujung Jika dilihat dari jauh, bentuknya mirip akar rotan yang biasa digunakan untuk menganyam kerajinan.

Pohon yang oleh masyarakat setempat disebut pohon Trinil tersebut memang kerap dimanfaatkan warga sebagai tali untuk mengikat tumbuhan pakan ternak mereka. Tapi baru kali ini masyarakat menemukan pohon trinil sebesar itu dengan akar-akar unik.

Pertama kali ditemukan pertengahan Juli lalu oleh salah seorang warga desa setempat bernama Ali Rahman (19 tahun) yang melintas di tempat tersebut ketika mencari lokasi outbond dan perkemahan. Ali mengabadikan foto pohon trinil tersebut dan mengunggahnya di media sosila. Unggahan Ali tersebut menjadi viral dan masyarakat berbondong-bondong mengunjungi lokasi tersebut dan berswafoto di antara akar-akar pohon tersebut. Baru sekitar dua bulan dibuka, pengunjung pohon trinil raksasa di Lamongan membludak. Wisatawan yang datang bahkan hingga mencapai ratusan ketika hari libur. Kebanyakan yang datang merupakan anak-anak muda yang ingin berfoto selfie.

Lokasi wisata pohon trinil raksasa

Lokasi wisata pohon trinil raksasa tersebut masuk ke wilayah Perhutani Lembor yang memiliki luas sekitar 6,3 hektar. Obyek wisata ini dikelola secara swadaya oleh penduduk dan Karang Taruna Dusun Widebekerja sama dengan Perhutani. Saat ini di lokasi wisata pohon trinil raksasa telah terdapat warung-warung penjaja makanan dan minuman, juga disediakan tempat sampah dan lahan parkir.

Pohon Trinil Raksasa di Lamongan (Foto: Fathur Roziq)

Uniknya, pengelola juga memajang kalimat-kalimat unik di lokasi wisata semisal “Pacar orang sebenarnya adalah pacar kita juga, karena kita juga orang.” Atau kalimat, “Mantan kok dikenang? Emang mantan lu pahlawan?” dan kalimat-kalimat lain yang unik dan menggelitik.

Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di negara fantasi, silakan mengunjungi wisata pohon trinil di Dusun Wide Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, yang dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari Surabaya. Untuk masuk ke lokasi pohon, pengunjung tidak dikenakan biaya. Hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
Bukit Seroja Wonosobo, Wisata Alam Cantik yang Bikin Melongo
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Alam Eksotis yang Paling Instagenic di Makassar