Sukses

Tips Memilih TK untuk Anak agar Tak Salah Pilih

Liputan6.com, Jakarta TK atau taman kanak kanak adalah pendidikan formal pertama anak-anak untuk mulai belajar dan bersosialiasasi. Jangan sampai salah pilih sekolah untuk anak, karena bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Sekolah adalah salah satu tempat untuk anak belajar hal baru, maka dari itu agar tak salah pilih sekolah, lihat tips memilih tk yang tepat, berikut ini:

Tips Memilih TK yang Tepat

1. Kualitas SDM

Salah satu SDM di sekolah tersebut yang harus Anda perhatikan adalah tenaga pengajarnya atau guru. Nantinya, seorang guru akan membimbing si kecil di sekolah setiap waktu. Maka dari itu, lihat guru tersebut apakah cukup kredible atau tidak. Tak hanya pemahaman mengajar, tapi juga memiliki sifat penyayang, lembut, sabar dan juga energik. Hal-hal tersebut bisa terlihat dari cara ia mengobrol dan berinteraksi dengan orang lain terlebih lagi anak-anak.

2. Lokasi TK

Lokasi adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Sebagus apapun sekolah tersebut jika terlalu jauh dari rumah, sepertinya bukan pilihan yang tepat. Lokasi yang terlalu jauh bisa membuat anak lelah sebelum tiba di sekolah. Hal ini akan mempengaruhi performanya di sekolah nanti hingga terlambat masuk. Jika lokasi TK berdekatan dengan rumah, maka ia pun akan semangat bersekolah setiap hari.

3. Kurikulum Sekolah

Setiap sekolah memiliki kurikulum yang berbeda, untuk itu orangtua bisa tanyakan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan anak ke sekolah TK. Lalu, pelajari dahulu seperti apa kurikulum tersebut. Pilihlah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Beberapa sekolah menerapkan kurikulum internasional dan ada juga yang nasional. Jangan hanya karena ingin tampak keren, tapi pilihlah yang sesuai untuk buah hati.

4. Sesuaikan dengan Budget

Hal yang pasti harus orangtua pikirkan adalah biaya sekolah anak. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Tak perlu terlalu memaksa mendaftarkan anak ke sekolah yang mahal, karena hal tersebut tidak 100 persen menjamin anak pintar. Untuk itu, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

5. Jumlah Murid & Guru

Jumlah guru di dalam kelas harus Anda perhatikan. Akan lebih baik jika dalam 1 kelas tidak terlalu banyak murid, karena hal ini bisa membuat guru kurang maksimal memperhatikan siswanya. Jumlah siswa dalam kelas maksimal 25 orang dengan 3 orang guru, jadi perbandingannya 1:8.

6. Lingkungan Sekolah

Memilih TK atau sekolah untuk anak juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Perhatikan lingkungan sekolah anak apakah aman dan kondusif. Kondusif di sini artinya tidak terlalu dekat dengan jalan raya, tidak banyak orang berjualan mainan dan makanan di sekitar sekolah, dll. Dengan begitu, orangtua bisa meninggalkan anak sekolah dengan tenang.

7. Waktu Belajar

Waktu belajar anak sebaiknya tidak telalu panjang. Sekolah untuk anak berumur 3-5 tahun sebaiknya yang banyak menekankan pada aktivitas fisik atau bermain daripada belajar. Maka anak pun mampu melatih kemampuan motoriknya di TK.

Sebagai orangtua sudah selayaknya memberikan fasilitas untuk anak belajar dan berkembang dengan baik. Selain menyekolahkan dari TK, Anda juga bisa fasilitasi tempat bermain yang edukatif di sini.

Artikel Selanjutnya
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Anak Jadi Orang Sukses
Artikel Selanjutnya
Ibu, Ini Rahasia Bikin Anak-anak Betah di Rumah