Sukses

Apakah Minyak Zaitun Baik untuk Rambut Anda?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang masker minyak zaitun untuk rambut? Atau handuk beraroma minyak zaitun untuk melapisi dan membungkus rambut?

Ya, beberapa waktu belakangan minyak zaitun telah menggeser posisi minyak kelapa di dunia kecantikan, terutama perawatan rambut. Namun, apakah minyak zaitun benar-benar baik untuk rambut?

Dilansir dari stylecaster.com, Jumat (22/9/2017), faktanya, penggunaan minyak kelapa berkepanjangan untuk perawatan rambut justru pernah diklaim menyebabkan penumpukan protein di kutikula rambut, helai keriting yang rapuh. Apakah minyak zaitun akan menyebabkan efek yang sama?

Para peneliti menghabiskan waktu untuk memeriksa hal tersebut dan menemukan bahwa minyak zaitun benar-benar baik untuk rambut Anda, terutama jika keadaannya sangat membutuhkan kelembapan. Minyak kelapa dan zaitun memiliki sejarah yang baik untuk dijadikan kondisioner rambut.

Minyak zaitun terbukti jauh lebih baik daripada minyak kelapa, terutama bagi pemilik rambut keriting alami, rusak, bahkan rambut yang diwarnai. Beberapa jenis rambut tersebut cenderung memiliki pori-pori rambut yang lebih banyak, membuatnya keropos dan tidak dapat menahan kelembapan alami, sehingga menjadi rapuh dan kering.

 

1 dari 2 halaman

Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk perawatan rambut

Ketika Anda mencuci rambut dengan minyak zaitun, asam lemak omega 3 dan vitamin E akan menembus batang rambut, menyeimbangkan kemampuan rambut untuk menahan kelembapan, serta melawan kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari dan polusi. Manfaatnya dapat Anda rasakan selama seminggu, sehingga kegiatan mencuci rambut dapat dihemat menjadi seminggu sekali.

Sayangnya, kandungan minyak zaitun dalam produk komersil cenderung sangat rendah, tidak benar-benar dapat menembus rambut Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menghangatkan secangkir minyak zaitun di air hangat atau microwave, letakkan di dalam sebuah botol, pijatkan ke rambut dari akar ke ujung, sedikit demi sedikit.

Bungkus kepala Anda dengan handuk selama 30 menit, mencuci rambut, dan rawat rambut seperti biasa. Selamat mencoba merawat rambut dengan minyak zaitun!

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari