Sukses

5 Tips Berhemat Saat Traveling

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda melihat para traveler dapat mengunjungi banyak tempat indah, Anda pasti berpikir mereka memiliki banyak uang. Namun, pada kenyataannya mereka dapat mengatur keuangan mereka, sehingga dapat dengan mudah mengelilingi dunia. Dengan melakukan perhitungan keuangan secara baik, Anda tidak perlu khawatir dengan pengeluaran yang harus Anda habiskan ketika liburan. Untuk itu, simak beberapa tips berhemat saat traveling, seperti yang dilansir dari Huffingtonpost.com, Minggu (24/9/2017)

1. Mencari Potongan Harga

Sebagian besar anggaran pastinya akan habis untuk akomodasi dan transportasi. Jika ingin menghemat uang, Anda harus menemukan cara untuk meminimalisasi segala biaya. Salah satu caranya dengan mencari berbagai macam promo, maupun diskon potongan harga. Setelah memutuskan tujuan yang ingin Anda kunjungi, sering-seringlah memantau internet tentang tiket pesawat, hotel, maupun festival kuliner yang sedang mengadakan potongan harga. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menikmati perjalanan dengan biaya yang minim.

2. Hindari Membeli Oleh-oleh Di Tempat Wisata

Sering kali Anda tergiur membeli oleh-oleh untuk teman, maupun keluarga. Namun, oleh-oleh yang dijual di tempat wisata, harganya lebih mahal. Apalagi bila hari libur, harganya akan lebih mahal dari biasanya. Bila Anda memang memfokuskan diri untuk menikmati traveling, tidak perlu membeli oleh-oleh. Terkecuali jika Anda ingin membelinya dapat menanyakan pada masyarakat sekitar mengenai oleh-oleh yang murah. 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

3. Pelajari Kota yang Ingin Anda Kunjungi

Tidak ada salahnya Anda membaca-baca sejarah maupun kondisi kota yang ingin dikunjungi. Hal ini akan membantu Anda untuk memudahkan dan memahami kondisi kota tersebut. Pastikan membawa peta kota, atau memiliki aplikasi traveling. Pelajari apa saja yang tidak boleh dilakukan di sana dan apa yang menjadi tujuan utama kota tersebut. Tidak hanya itu saja, cobalah untuk mencari teman dari kota yang ingin Anda kunjungi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menguasai kota tersebut dan menghindari hal yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang yang banyak.

4. Berani Menawar

Salah satu keahlian ibu-ibu yang jago menawar, sepertinya harus diterapkan dalam perjalanan Anda. Bila Anda menaiki transportasi maupun berbelanja, cobalah untuk menawar dan melakukan kompromi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan potongan harga dan biaya yang dikeluarkan pun jadi lebih sedikit. 

5. Traveling Bersama Teman

Traveling sendiri memang lebih seru karena lebih menantang, serta lebih bebas ingin melakukan apa saja. Namun, traveling bersama teman atau grup traveling lebih murah dan dapat membagi makanan bersama. Anda dan teman juga dapat menyewa penginapan bersama dan membagi biaya penginapan bersama. 

Fellisia

 

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
DP Rumah Juga Bisa Dikumpulkan dari Hobi, Loh!