Sukses

5 Cara Sederhana Mencegah Rambut Rontok

Rambut merupakan salah satu aset yang menunjang penampilan. Lalu, bagaimana cara agar rambut tidak rontok dan tetap kuat?

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok merupakan masalah umum yang kerap melanda sebagian besar orang baik pria maupun wanita. Akibatnya tak hanya akan membuat rambut menjadi tipis, bahkan jika tidak segera diatasi dapat membuat kebotakan dini pada diri Anda.

Penyebab sendiri tentu bisa muncul dari beragam hal. Mulai dari kebiasaan merawat rambut hingga asupan gizi yang kurang seimbang yang menyebabkan rambut tak menerima cukup nutrisi dan membuatnya mudah gugur.

Sebelum hal tersebut terjadi pada Anda, ada baiknya untuk mencegahnya dengan lima cara efektif yang dilansir dari herworldplus.com berikut ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1. Kondisi rambut
Di usia 20-an, rambut berada di kondisi terbaiknya. Kilau sempurna hingga kekuatan optimal rambut bisa didapatkan di usia tersebut. Namun, akibat merasa rambut tak memiliki masalah, membuat Anda ingin bereksperimen dengan rambut. Pewarnaan hingga penggunaan produk styling menjadi sahabat sehari-hari dibandingkan dengan penggunaan produk perawatan rambut. Oleh sebab itu, mulailah merawat rambut sejak dini seperti rutin menggunakan masker, tonik, dan minimalisirkan penggunaan produk-produk berbahan kimia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Konsumsi protein

Protein merupakan asupan terpenting yang dibutihkan oleh rambut, Oleh sebab itu konsumsilah kacang-kacangan, telur, daging, setiap harinya untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

3. Perhatikan diet seimbang
Jangan sampai alih-alih menginginkan bobot tubuh yang ideal justru akan mengorbankan rambut Anda. Hal ini seringkali dialami oleh orang-orang yang sedang menjalani diet yang kurang seimbang hingga akhirnya mengakibatkan kekurangan nutrisi pada tubuh dan berdampak pada rambut yang menjadi rontok. 

4. Jangan menyisir rambut yang basah
Apakah Anda sering melakukan hal ini? Jika ya, sebaiknya hentikan sekarang juga. Rambut dalam keadaan basah merupakan saat rambut dalam keadaan rapuh. Jika Anda menyisirnya justru akan mengakibatkan rambut menjadi kusut, patah, dan juga perlahan rambut akan mengalami kerontokan.

5. Hindari mengikat rambut terlalu kencang
Gaya rambut ponytail atau kuncir kuda menjadi tatanan rambut andalan yang menciptakan kesan modern, bergaya, namun tetap praktis. Tapi, disamping kelebihannya tersebut, gaya rambut ini mampu membuat rambut Anda rontok. Pasalnya, akar rambut akan ketarik dan menyebabkan helai rambut berguguran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.