Sukses

Pengalaman Seru yang Bikin Liburan di Bali Makin Berkesan

Liputan6.com, Jakarta Bali, salah satu pulau destinasi wisata dunia ini bukan hanya memiliki sejuta keindahan alam, tapi juga punya budaya dan tradisi adiluhung yang diwariskan turun-temurun. Mungkin Anda merasa bosan saat berkunjung ke Bali hanya menikmati keindahan alamnya saja, dan kembali ke rumah hanya mendapatkan fisik yang lelah.

Sudah saatnya Anda menikmati Bali dari sisi yang lain, sehingga pengalaman wisata Anda menjadi lebih berkesan dan pulang mendapatkan ilmu dan pengalaman wisata yang mengasyikan. Berikut beberapa aktivitas wisata lain yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Bali, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Jumat (22/9/2017).

Belajar Kuliner
Bali seperti juga daerah Indonesia lainnya, memiliki beragam warisan kuliner yang khas. Sebut saja seperti nasi jinggo, ayam betutu, sate lilit, hingga sambel matah yang terkenal merupakan sederet kuliner khas Bali yang perlu Anda icip saat berkunjung ke Bali. Tak hanya menyicip, Anda juga perlu merasakan sensasi belajar kuliner khas Bali langsung di dapur orang Bali. Apalagi saat ini banyak open trip yang menawarkan belajar kuliner Bali langsung di dapur penduduk.

Belajar Tari dan Gamelan Bali
Semua perempuan Bali punya keahlian menari karena mereka diwajibkan belajar menari Bali sejak kecil. Tak ada salahnya bagi Anda yang berkunjung ke Bali untuk merasakan belajar tari Bali. Banyak paguyuban seni tari dan gamelan di Bali yang memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk sekadar tahu dan belajar mengenal tari dan gamelan Bali.



Menanam Padi

Mungkin aktivitas ini terdengar aneh dan dianggap buang-buang waktu, namun jika Anda sudah merasakannya, akan ada banyak pengalaman dan pengetahuan menarik tentang sistem menanam padi orang Bali. Sistem perairan sawah di Bali atau yang dikenal dengan nama “Subak” telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Sistem Subak inilah yang kemudian menciptakan pemandangan sawah di Bali terlihat lebih indah dibandingkan dengan sawah-sawah di daerah lain di Indonesia.


Yoga

Bali kerap menjadi pilihan destinasi wisata bagi banyak orang yang ingin menghindar sejenak dari kebisingan dan keramaian kota. Dengan keindahan alam pantai maupun pegunungan, pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang untuk Yoga dan membersihkan pikiran buruk. Kebanyakan resort dan hotel di Bali telah menyediakan lokasi yoga dengan pemandangan alam yang menakjubkan, lengkap dengan instruktur yoga yang sudah berpengalaman.

Belajar Kerajinan Tangan

Orang Bali dikenal memiliki kemampuan memahat yang diwariskan turun-temurun. Jangan hanya membeli, sempatkan diri Anda untuk juga belajar kerajinan memahat langsung dari orang Bali. memang tidak mudah, namun setidaknya ada pengalaman berharga lain yang bisa Anda dapat saat berkunjung ke Bali. Kunjungi workshop dan tempat kerja para perajin, untuk melihat dan merasakan sensasi memahat kayu menjadi sebuah patung.

 

Artikel Selanjutnya
Menikmati Santai Sore Seru di Up2Yu Resto
Artikel Selanjutnya
Wanagiri Hidden Hills, Jadi Tempat Selfie Kekinian di Bali