Sukses

Ingin Ikut Lelang Mobil? Cek Tipsnya agar Tak Menyesal

Liputan6.com, Jakarta Lelang mobil yang akan diadakan oleh KPK mendapatkan respon positif dari banyak orang. Membeli kendaraan dari lelang mobil mungkin masih belum familiar, namun sebenarnya menjadi cara lain untuk membeli mobil bekas. 

Ada beberapa jasa atau tempat membeli mobil lelang offline maupun online. Nah, sebelum Anda mengikuti lelang mobil, cek beberapa tipsnya berikut ini:

1. Jeli Saat Memilih

Tidak ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas buruk? Untuk itu, Anda harus lebih jeli lagi saat memilih mobil lelang. Selain melihat kondisi mobil, lihat juga proses lelangnya. Proses unit lelang umumnya dilakukan selama 3-5 hari sebelum pelelangan untuk mengecek mesin hingga dokumen oleh balai lelang. Lihat dan pastikan kalau kendaraan masih bagus dan sangat layak pakai.

2. Cari & Bandingkan

Sebelum yakin membeli di lelang mobil, coba cek dan bandingkan harga mobil tersebut di pasaran. Hal ini penting sebagai patokan Anda saat melakukan penawaran di Balai Lelang. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan harga lelang mobil yang lebih mahal dari harga pasaran.

3. Jangan Terburu Nafsu

Saat melakukan penawaran, jangan keburu nafsu, wait and see! Perhatikan penawar lainnya dan cari penawar yang tampak mencurigakan, yang sangat aktif dalam menawar. Bukan rahasia lagi, kalau dalam dunia lelang mobil, ada saja intrik kerja sama antar peserta untuk menghancurkan harga lelang demi keuntungan pribadi atau kelompok. Cobalah pergi ke beberapa pelelangan untuk lihat “pemain-pemainnya” sebelum benar-benar mengikuti pelelangan.

4. Bawa ke Bengkel

Jika Anda memenangkan lelang mobil, maka segera bawa mobil tersebut ke bengkel yang Anda percaya. Anda bisa mengecek dan memeriksanya untuk menghindari kerusakan yang lebih besar yang justru akan memakan biaya mahal.

Keuntungan & Kerugian Mobil Lelang

Agar Anda makin yakin apakah ingin mengambil kendaraan di lelang mobil atau tidak, cek kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

1. Keuntungan

• Tawaran yang sangat rendah
• Kondisi baik jika digunakan tidak lebih dari setahun.
• Kemungkinan untuk mendapatkan model langka terutama yang diimpor.

2. Kekurangan

• Kecil kemungkinan untuk mengembalikan atau bertukar untuk pengembalian dana. Maka dari itu, sisakan waktu untuk lihat kondisi dan sejarah mobil tersebut.
• Beberapa mobil bisa saja tanpa kelengkapan surat-surat, maka Anda harus menyediakan dana dan waktu tambahan untuk mengurus surat tersebut.
• Tidak adanya test drive untuk merasakan langsung kondisi mobil
• Kondisi mobil apa adanya (tidak diperbaiki dulu).

Membeli kendaraan di lelang mobil bisa saja sangat menguntungkan untuk Anda. Maka dari itu, ikuti tips dan lihat keuntungan juga kekurangan dari mobil lelang. Cek kebutuhan service kendaraan Anda di sini.

 

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit