Sukses

Benarkah Hiasan Irisan Lemon pada Minuman di Restoran Berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta  

Restoran memang menjadi pilihan lumrah untuk siapa saja yang ingin menghabiskan waktu untuk berbincang santai ataupun juga urusan bisnis. Ada beberapa kelebihan dari pengalaman berkuliner di restoran. Salah satunya adalah kesan berbeda, entah dari dekorasnyai maupun pilihan ragam menu yang tak biasa.

Tampilan makanan dan minuman yang anggun serta menggugah selera juga termasuk satu alasan yang membuat pengalaman makan di restoran terasa berbeda dari sehari-hari. Anda tentu sudah tak asing ketika memesan minuman di restoran dan pelayan menyajikannya dengan hiasan irisan lemon di bibir gelas atau bahkan dimasukkan ke dalam minuman. Walaupun hal ini sudah sangat lazim, Anda mungkin tak sadar dengan kemungkinan bahaya yang bisa ditimbulkan dari hiasan semacam itu.

Seperti dilanir dari halaman Cosmopolitan.com pada Jumat (22/9/2017), sebuah hasil penelitian yang terbit dalam jurnal Environmental Health menyatakan bahwa sebanyak 70% dari puluhan lemon dari 21 restoran yang diteliti ternyata terkontaminasi oleh bakteri. Para periset yang terlibat mengatakan bahwa kemungkinan kontaminasi itu terjadi karena para koki telah menyimpan irisan lemon tersebut pada suhu ruang sejak jauh hari, demi menghemat waktu pengerjaan pesanan konsumen. Irisan jeruk yang dibiarkan cukup lama pada suhu ruang merupakan zona nyaman bagi bakteri untuk menempel.

Benarkah Hiasan Irisan Lemon pada Minuman di Restoran Berbahaya?

Bukan hanya irisan lemon yang bisa berbahaya. Pada dasarnya semua bahan makanan, misalnya daging, roti, dan sebagainya, jika tidak disimpan secara tepat dan terlalu lama bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman. Anda dan pegawai restoran dianjurkan untuk mengolah bahan makan saat masih segar. Anda tentu tidak mau bukan jika harus menderita sakit hanya karena ingin praktis dalam proses meramu makanan atau minuman?

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Nah, mengetahui bahwa irisan lemon bisa berbahaya, bagaimana dengan irisan jeruk nipis di warung-warung soto yang biasanya disajikan dalam mangkuk atau piring kecil? Untuk menghindari risiko terinfeksi bakteri merugikan, tak ada salahnya jika Anda coba untuk minta diiriskan jeruk nipis baru ketika hendak menyantap soto favorit Anda.

Artikel Selanjutnya
Segarnya Es Krim 3 Rasa Tanpa Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
Vegan Cashew Mayo, Saus Mayones Lezat yang Menyehatkan