Sukses

5 Tradisi Unik Kelahiran Keluarga Kerajaan. Akankah Diikuti Kate?

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran memang merupakan momen yang ditunggu bagi setiap keluarga yang menantikan kehadiran buah hati. Tiap masyarakat memiliki budaya tersendiri untuk merayakan momen spesial ini. Termasuk keluarga kerajaan Inggris yang terkenal dengan berbagai aturan ketat.

Dalam sejarahnya, keluarga Kerajaan Inggris punya bermacam-macam tradisi unik dalam menyongsong lahirnya anggota baru mereka. Lantas, apakah Kate Middleton akan mengikuti kultur kaum bangsawan tersebut saat anak ketiganya nanti? Keputusannya tentu akan bergantung pada rembuk keluarga.

Lalu, apa saja sih tradisi kelaihran unik keluarga Kerajaan Inggris? Melansir halaman Cosmopolitan.com pada Jumat (22/9/2017), berikut ini adalah 5 di antaranya.

Kate Middleton usai melahirkan anak keduanya dengan Pangeran William di Rumah Sakit St Mary, London, pada 2 Mei 2015. (AFP Photo/ Leon Neal)

Persalinan di rumah
Sejak bertahun-tahun lamanya, keluarga bangsawan Inggirs melakukan persalinan di rumah. Ratu Elizabeth II pun dilahirkan di sebuah rumah keluarga di London. Ia juga melahirkan Pangeran Charles, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward di kediamannya di Istana Buckingham, sementara Putri Anne dilahirkan di Clarence House. Namun tradisi ini dirombak Putri Diana yang melahirkan Pangeran William dan Pangeran Harry di St. Mary’s Hospital. Kate Middleton mengikuti jejak mertuanya dengan melaharikan Pangeran George dan Putri Charlotte di sana. Rumor mengatakan bahwa untuk anak ke tiga nya, Kate akan melahirkan di rumah.

Saksi persalinan

Saat Ratu Elizabeth II lahir pada tahun 1926, Home Secretary hadir pada ruang persalinan. Tradisi tua yang sudah berlangsung berabad-abad ini berfungsi agar ada saksi mata yang melihat bahwa proses kelahiran benar-benar terjadi. Mungkin ini untuk mencegah adanya tindak penipuan kelahiran. Akan tetapi, tradisi ini sudah tak lagi dilakukan sebelum kelahiran Pangeran Charles pada tahun 1984.

Ayah tak boleh ada di ruang bersalin
Untuk sekian lama, keluarga Kerajaan Inggris terikat aturan bahwa ayah bayi tak diperkenankan berada di ruang bersalin selama proses melahirkan. Aturan ini tak lagi diikuti semenjak kelahiran Pangeran Charles. Jika dibandingkan dengan kondisi umum masa kini, seorang ayah bahkan sampai memvideokan tahap-tahap sang istri berjuang untuk membawa sang buah hati ke dunia. Sungguh berbeda.

Homeschooling

Pangeran George bersalaman dengan kepala sekolah Helen Haslem saat tiba Thomas's school di Battersea, London, Inggris (7/9). Pengeran Goerge tidak ditemani ibunya Kate Middleton yang sedang hamil. (Richard Pohle/Pool Photo via AP)
Balita keluarga kerajaan umumnya mengikuti home schooling. Ratu Elizabeth II semasa kecil mengikuti tradisi ini. Pangeran William dan Kate Middleton tampaknya punya pemikiran yang berbeda. Tahun lalu, Pangeran George mengikuti nursery school di Westacre Montessori School di Norfolk, England.

Kakek-Nenek non-bangsawan kurang dihargai
Dahulu kala, jika seorang anak lahir dari pasangan bangsawan dan orang biasa, maka kakek-nenek dari garis orang biasa itu kurang dihargai bahkan sang bayi akan dijauhkan dari mereka. Seiring perkembangan zaman, hal ini tentunya berubah dan semua keluarga mendapat perlakuan setara.

(Bio in God Bless)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Heboh Prediksi Nama Calon Anak Ketiga Kate Middleton
Artikel Selanjutnya
Cantiknya Raisa Jalani Ritual Adat Sunda Jelang Pernikahan