Sukses

Berapa Helai Rambut Normal Rontok dalam Sehari?

Jika rambut rontok dalam jumlah ini setiap hari, tak perlu khawatir karena taraf kerontokannya masih normal.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang cukup umum dialami setiap orang. Bagi kebanyakan wanita, permasalahan ini merupakan mimpi buruk. Setiap helai rambut yang rontok membuat wanita merasa tidak aman.

Bayangan akan kebotakan pun tak lepas dari setiap helaian rambut rontok. Namun sebenarnya rambut rontok merupakan hal wajar. Rambut akan beregenerasi setelah rontok.

Jika rontok dalam jumlah tertentu setiap hari, rambut dapat dikatakan masih sehat. Bila lebih dari itu, baru Anda dapat mencari penyebab dan solusinya. 

Saint Tiu, Principal Scientist P&G Hair Care Asia Pasifik, mengatakan, jika rambut rontok 50 hingga 100 helai setiap hari, kerontokan masih dikatakan normal. Sebab, begitulah proses alamiah rambut. 

Hal yang lebih penting diperhatikan perihal kerontokan rambut sebetulnya adalah dari mana rambut mulai rontok. Apakah dari akar atau dari batangnya.

"Kalau proses alamiah, rambut rontok dari akarnya, tetapi bila rambut rontok dari batang, artinya ada permasalahan rambut rusak," kata Saint Tiu saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Tepat

Jika rambut rontok tidak dari akar, berarti ada kerusakan di batang rambut. Batang rambut yang kotor, lengket, berdebu cenderung untuk lebih berat sehingga gampang rapuh dan patah.

Ilustrasi Foto Rambut Lurus dan Panjang (iStockphoto)

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menjaga rambut tetap bersih dengan keramas setiap hari dengan produk perawatan yang tepat. Produk yang mengandung banyak nutrisi dapat langsung terserap di batang rambut sehingga membuatnya lebih kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Rambut