Sukses

Kalimat Ini Bisa Bikin Reputasi Anda Buruk di Mata Bos

Liputan6.com, Jakarta Dalam menjalani dunia kerja pastinya Anda mencoba untuk membuat perilaku dan reputasi baik di depan bos atau atasan Anda. Penilaian dari atasan bisa berdasarkan kinerja, kontribusi, dan ketepatan waktu Anda dalam mengerjakan tugas. Namun, terdapat beberapa penilaian yang dilakukan atasan berdasarkan cara Anda berbicara. Berikut kalimat yang membuat reputasi Anda buruk di hadapan bos Anda, dilansir dari Success.com, Rabu (20/9/2017).

1. Saya Tidak Bisa Mengerjakan Hal Ini
Masing-masing karyawan pastinya memiliki tugas tersendiri yang diberikan oleh atasan. Tidak jarang, atasan Anda akan memerintahkan Anda untuk mengerjakan tugas tambahan. Walaupun tugas tersebut cukup sulit, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu. Jangan langsung buru-buru mengambil kesimpulan Anda tidak dapat melakukannya, dan menolak perintah dari atasan Anda.

Hal ini tentu membuat bos Anda sedikit kesal, dan meragukan kinerja Anda. Penolakan langsung, akan membuat penilaian buruk dari bos, bukan hanya itu saja teman kantor Anda juga dapat berpikiran yang sama. Untuk itu, mencoba terlebih dahulu tugas yang diberikan oleh atasan Anda. Bila terlalu sulit, cobalah mencari bantuan atau konsultasikan pada atasan Anda.

1 dari 2 halaman

2. Sepertinya Pendapat Anda Salah

Dalam dunia kerja, salah dan benar pastinya sering terjadi. Namun, kesalahan yang dilakukan bos biasanya sulit untuk dikoreksi. Bila atasan Anda memiliki kepribadian yang santai, mungkin Anda boleh saja memberi masukan dan saran. Untuk atasan yang mudah tersinggung dan memiliki tempramen tinggi, cobalah untuk pikir dua kali untuk mengkritiknya.

3. Saya Tidak Salah, Anda yang Salah
Sering kali sebagai karyawan, Anda mendapati beberapa kali teguran oleh teman kantor maupun atasan Anda. Tidak jarang, kritik yang atasan sampaikan membuat Anda merasa dipermalukan, atau tidak sesuai dengan apa yang dia katakan.

Jika Anda merasa benar dan atasan Anda salah, cobalah untuk katakan dengan sopan dan perlahan. Koreksi kembali apa yang telah Anda kerjakan, dan lebih bersabar dengan bos yang menyebalkan.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
Cara Akhiri Patah Hati untuk Mantan yang Masih Anda Cintai