Sukses

9 Perawatan Kecantikan dari Cuka Apel, Tahukah Anda?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tahu bahwa cuka apel juga memiliki manfaat berguna untuk perawatan kecantikan Anda? Cuka apel banyak dianggap memiliki manfaat yang sama dengan minyak kelapa.

Dilansir dari sheknows.com, Kamis (21/9/2017), berikut ini adalah beberapa perawatan kecantikan dari cuka apel yang bisa Anda lakukan. Penasaran?

1. Perawatan jerawat
Seperti yang Anda ketahui, jerawat dewasa adalah jenis jerawat yang paling sulit disembuhkan. Namun, cuka apel dapat berfungsi membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah jamur yang mungkin muncul di kemudian hari.

2. Perawatan ketombe
Cuka apel juga dapat dianggap sebagai obat alami untuk ketombe dan kulit kepala kering, serta gatal. Anda hanya perlu menggantinya dengan kondisioner yang bisa digunakan.

Jika Anda memiliki masalah ketombe yang serius, oleskan cuka apel ke bola kapas, kemudian ke kulit kepala. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan cuci di pagi harinya untuk menyeimbangkan minyak pada kulit kepala, agar rambut lebih sehat.

3. Mandi detoks
Mandi berendam dengan cuka apel juga dapat dianggap sebagai proses detoksifikasi yang hebat untuk nyeri otot akibat aktivitas fisik. Namun, jangan melakukannya secara berlebihan, karena cuka apel dapat melukai atau mengganggu bagian pribadi Anda.

 

1 dari 2 halaman

Perawatan kecantikan dari cuka apel

4. Masker wajah buatan sendiri
Masker wajah yang melibatkan cuka apel dapat membuat kulit lebih segar, karena aliran darah yang meningkat.

5. Masker rambut buatan sendiri
Masker rambut bisa dibuat dari minyak kelapa, madu, dan cuka apel. Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH rambut, membersihkan penumpukan kotoran, dan menutup kutikula rambut agar lebih bersinar.

6. Merendam kaki
Cuka apel juga dapat membantu kaki menjadi lebih halus atau menghilangkan kapalan yang membandel. Rendam kaki di dalam cuka apel selama satu jam hingga kaki terasa lebih halus.

7. Merendam kuku
Kuku yang lemah dan kuning juga bisa diatasi dengan cuka apel. Rendam kuku sekali dalam seminggu untuk mengembalikan kekuatan kuku.

8. Membilas rambut
Setidaknya lakukan sekali dalam seminggu, encerkan cuka apel untuk menghilangkan penumpukan produk kimia yang berat pada rambut. Sama halnya dengan masker rambut, cuka apel harus digunakan secukupnya, tidak boleh berlebihan.

9. Toner kulit
Toner yang terbuat dari cuka apel dapat digunakan untuk menyeimbangkan pH dan memelihara kesehatan kulit. Gunakan toner dari cuka apel di malam hari, cairkan cuka apel dengan air, dan tambahkan minyak esensial untuk mengurangi aroma yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah