Sukses

Ingin Menjadi Traveler Sejati? Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya informasi dari para traveler yang membagikan pengalaman perjalanan mereka di berbagai media sosial menumbuhkan keinginan banyak orang untuk ikut mewujudkan pengalaman travelingnya sendiri.

Keindahan alam yang ditampakkan lewat foto–foto saat traveling, keasyikan menjalankan aktifitas selama perjalanan, makanan khas daerah yang menggugah selera begitu membangkitkan hasrat banyak orang untuk traveling.

Ketika kesempatan untuk mulai traveling itu datang apakah semuanya akan berjalan mudah dan lancar seperti yang Anda harapkan? Belum tentu. Ada banyak hal di dunia ini yang terjadi di luar perkiraan. Anda perlu mempersiapkan diri untuk banyak hal, walaupun ini adalah kegiatan yang santai dan menyenangkan untuk Anda. Persiapan sangat diperlukan terutama untuk orang yang baru memiliki hobi traveling. Anda tentu menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman ketika mengunjungi tempat-tempat baru.

Dilansir dari laman ordinarytraveler ada 3 tips yang bisa Anda lakukan saat traveling agar  aman selama perjalanan.

Asuransi Perjalanan
Mungkin ini bukanlah sesuatu yang terdengar familiar bagi masyarakat umum, namun bisa jadi Anda akan membutuhkannya saat sedang traveling. Ada banyak orang yang mengalami hal yang tidak diharapkan saat sedang traveling. Pada saat itulah mereka mulai memikirkan untuk membuat asuransi perjalanan. Jika Anda merencanakan sebuah perjalanan liburan ada baiknya mulai memikirkan untuk membuat asuransi perjalanan. Kondisi terburuk seperti penerbangan yang dibatalkan, atau barang–barang yang hilang dalam perjalanan akan teratasi ketika Anda membuat asuransi perjalanan.

Tentu ini akan lebih membantu Anda secara finansial ketika hal yang tidak diharapkan itu benar–benar terjadi.

Berjalan dengan Kepala Tegak
Berjalanlah dengan penuh keyakinan dan kepala tegak. Jangan berjalan seperti orang yang sedang kebingungan. Kita tidak tahu bahaya seperti apa yang akan mengancam ketika sedang mengunjungi sebuah tempat yang asing. Berjalan seperti orang bingung atau lengah akan memungkinkan untuk didekati oleh orang–orang yang tidak diharapkan seperti pencuri atau penipu.

Kondisi waspada dan tahu arah tujuan akan lebih membantu menghindari hal–hal yang tidak diinginkan. Kalaupun Anda sedang tidak tahu arah yang akan dituju saat menjelajahi kota yang baru, Anda bisa memanfaatkan peta di ponsel, memasang headset dan mendengarkan panduan dari aplikasi perjalanan yang ada di ponsel Anda. Sering–seringlah mengalihkan pandangan pada pemandangan yang hijau dan segar itu akan lebih menyegarkan dan menenangkan pikiran selama perjalanan.

Hati – Hati dengan Uang

Uang tentu sangat dibutuhkan selama perjalanan. Membeli makanan, biaya transportasi, membeli tiket masuk ke tempat pariwisata, membeli oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi semuanya membutuhkan uang. Karenanya persiapkan uang tunai, namun keberadaan kartu kredit juga sangat membantu untuk membiayai perjalanan Anda.

Buatlah salinan kartu kredit dan dokumen penting lainnya seperti paspor dan kartu identitas agar lebih mudah mengurusnya jika suatu saat dokumen penting ini hilang.

Beri tahu pihak bank bahwa Anda akan melakukan perjalanan. Bank akan membekukan kartu dan tabungan Anda jika suatu saat kartu kredit Anda dicuri orang.

Melia Citra

 

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Berjiwa Petualang, Raisa Beruntung dipersunting Hamish Daud?