Sukses

Usir Kutu Kasur atau Tungau dengan 10 Cara Jitu Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Tanpa Anda sadari kutu bisa Anda temui di kasur. Walaupun kerap tak terlihat namun efek yang dirasakan bisa Anda rasakan. Jika Anda memiliki kasur yang tidak dibersihkan bertahun-tahun, maka hati-hati karena kutu busuk atau tungau bisa saja sudah memenuhi kasur Anda. Keberadaan kutu kasur bisa membuat terjangkitnya penyakit, debu, alergi, dan lainnya.

Agar kasur tetap bersih dan terhindar dari tungau atau kutu, maka lakukan beberapa tahapan menghilangkan kutu kasur berikut ini:

1. Jemur Kasur

Hal sederhana namun cukup berpengaruh pada kebersihan kasur adalah dengan menjemurnya. Jemur kasur, bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Sebelum menjemur, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungai tidak menyebar ke tempat lain saat proses penjemuran.

2. Cuci dengan Air Panas

Campur air panas dengan sabun anti bakteri, lalu bersihkan kasur, bantal dan guling. Keringkan di bawah sinar matahari langsung.

3. Penguapan

Anda bisa gunakan ketel listik lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur. Bersihkan juga ke sela-sela kasur hingga tempat tidur. Usahakan semua sudut mendapatkan uap panas.

4. Taburkan Silika Gel

Silika gel bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu busuk. Pembasmi kutu ini digunakan dengan cara ditabur ke seluruh kamar dan sebagian kasur. Maka, kutu akan menempel pada silica gel dan mati dengan sendirinya.

5. Minyak Tanah & Kapur Barus

Campur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena bahannya mudah didapat.

6. Lilin

Jika Anda memiliki lilin di rumah, bisa digunakan untuk menghilangkan kutu di kasur. Cukup teteskan cairan lilin yang dibakar ke celah tempat kutu kasur berada. Untuk takarannya, bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan area kasur. Cara alami ini dirasa cukup efektif untuk membasmi kutu.

7. Insektisida

Anda bisa semprotkan obat pembasmi nyamuk untuk membasmi kutu atau tungau. Pilih insektisida dengan racun yang tak terlalu keras. Membasmi kutu dengan cara ini cukup praktis. Anda bisa lakukan penyemprotan ini hingga telur kutu menetas.

8. Garam

Campurkan garam dan air lalu masukkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kasur dan area lain yang menjadi sarang tungau. Campuran ini cukup sederhana dan tentu bisa dengan mudah dibuat dirumah.

9. Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang cukup multifungsi. Cukup semprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur. Maka kutu dan telurnya pun akan cepat mati. Cuka tak perlu di campur air untuk bahan yang satu ini. Cukup dengan pindahkan ke botol semprot.

10. Kulit Durian

Setelah menikmati durian, maka jangan buang kulitnya. Kulit durian bisa digunakan untuk membasmi kutu busuk kasur. Bau menyengat dari kulit durian bisa membantu menghilangkan tungau. Caranya cukup sederhana dengan meletakkan kulit durian di sarang kutu kasur tersebut.

Anda bisa menggunakan jasa pembersih kasur untuk menghilangkan kutu busuk atau tungau yang sulit dijangkau sendiri. Cek rekomendasinya disini.

Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika
Artikel Selanjutnya
Alasan Anda Tidak Boleh Mengeringkan Rambut dengan Handuk Biasa