Sukses

Ketahui 8 Fakta Menarik tentang Dubai

Liputan6.com, Jakarta Dubai merupakan kota yang dikenal dengan gaya hidupnya yang gemerlap dan mewah, serta menawarkan berbagai hal yang hingga kini memegang rekor dunia. Selain itu, Dubai juga menyimpan berbagai sejarah dan kebudayaan yang menarik dan berbagai hal yang akan mengejutkan Anda.

Mari cari tahu beberapa hal menarik berikut, untuk menyingkap beberapa hal yang patut Anda ketahui tentang Dubai seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/9/2017) berikut ini. 

1. Sebagai industri mutiara 

Sebelum sektor pariwisata dan perhotelan, penghasilan terbesar Dubai berasal dari industri minyak. Namun, sebelum industri minyak, Dubai memiliki industri mutiara yang besar, dengan 300 kapal layar selam dan 7.000 pelaut yang selalu bekerja keras. Untuk menggali sejarah panjang ini, kunjungi Pearl Museum, yang menjadi salah satu rumah terbesar bagi koleksi mutiara terbaik di dunia, yang didonasikan pedagang mutiara Sultan Al Owais. Salah satu koleksi yang dipamerkan adalah sebuah mutiara air laut senilai AED 500 juta atau hampir Rp 2 triliun.

2. Memiliki hubungan kuat dengan India

Pada pertengahan 1800-an, India rupee merupakan mata uang utama di Dubai dan di berbagai negara lainnya di UEA, dengan Gulf Rupee sebagai penggantinya pada tahun 1957 sebelum akhirnya berhenti digunakan pada tahun 1966. Di balik evolusi penggunaan mata uang ini, hubungan dengan India tetap bertahan kuat. Buktinya, India merupakan negara dengan angka kedatangan wisatawan terbanyak ke Dubai.

Selain itu, ada juga ketersediaan banyaknya restoran India yang menggiurkan di berbagai penjuru kota. Hal lain yang menjadi bukti hubungan kuat antara Dubai dan India adalah pembukaan Bollywood theme park pertama di dunia, di Dubai Parks and Resorts.

3. Sistem transportasi yang mutakhir

Dubai memiliki sistem transportasi publik yang mutakhir. Menurut data Guinness World Records, sistem kereta metro di Dubai merupakan sistem metro tanpa awak terpanjang di dunia. Jalurnya bertambah panjang setiap harinya dengan stasiun pemberhentian baru yang terus ditambah hingga mencapai lokasi Expo 2020 di Dubai.

4. Berkembangnya pemilik mobil

Kurang dari 50 tahun lalu pada 1968, hanya terdapat 13 mobil yang terdaftar di Dubai. Saat ini, ada lebih dari 1,5 juta mobil, berkaca pada pertumbuhan signifikan dari permukiman nelayan dan penyelam mutiara yang hingga kini menjadi kota keempat yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta-fakta menarik tentang Dubai yang perlu Anda ketahui

5. Wisata pegunungan

Berbanding terbalik dari kepercayaan yang ada, Dubai bukan hanya sebuah kota pesisir, tapi juga merupakan rumah bagi pegunungan terjal bernama Hatta. Di sini Anda dapat mendaki dan bermain sepeda gunung sambil menikmati pemandangan alam di pegunungan Hajar, bermain kayak melewati air berwarna toska yang jernih di Hatta Dam. Lalu, menjelajahi perkebunan kurma dan peternakan lebah yang sangat bagus digunakan sebagai latar berfoto.

6. Kebudayaan minum teh yang unik

Kebudayaan Emirati mengharuskan sang pemilik rumah untuk memberikan teh dan kurma bagi tamu mereka, dengan cara tradisional menuangkan yang hanya setengah gelas saja. Alasannya, cangkir yang dipakai tidak memiliki gagang dan teh yang disajikan sangatlah panas. Hal ini pun untuk menghindari tangan melepuh.

Jika sang pemilik rumah menuangkan teh ke dalam cangkir secara penuh, hal ini merupakan cara halus untuk memberi tahu tamu bahwa mereka sudah terlalu lama berkunjung. Untuk mencari tahu lebih banyak mengenai fakta-fakta lokal yang unik, berkunjunglah ke Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding.

7. Memiliki Kementerian Negara untuk Toleransi dan Kebahagiaan

Uni Emirates Arab (UEA) memiliki Kementerian Negara untuk Toleransi dan Kementerian Negara untuk Kebahagiaan. Negara ini telah merancang beberapa inisiatif dan proyek yang sejalan dengan Kebahagiaan Negara dan Program-Program Positif, misalnya pengadaan kantor-kantor yang menanamkan kebahagiaan dan nilai-nilai positif serta program-program lainnya.

8. Bandara internasional tersibuk di dunia

Hanya dalam 58 tahun, bandara internasional Dubai sudah dapat bertransformasi dari landasan pacu yang semula terbuat dari pasir yang dipadatkan, hingga kini menjadi bandara tersibuk di dunia untuk terminal internasional dengan lebih dari 83 juta penumpang pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.