Sukses

Ini Teman yang Membuat Anda Lekas Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta Teman seharusnya menjadi pendukung dalam kehidupan, termasuk dalam soal keuangan. Ketika kita mulai boros, misalnya, teman yang baik semestinya akan mengingatkan agar Anda berhemat.

Tapi ada juga teman yang malah membuat kita cepat bangkrut. Teman yang seperti inilah yang perlu diwaspadai.
Coba lihat di sekitar Anda, adakah kira-kira teman yang hobinya mengeluarkan uang tanpa tujuan jelas?

Dikutip dari DuitPintar.com, berikut ini ciri teman yang kemungkinan besar bisa membuat bangkrut. 

1. Yang sering mendorong gaya hidup boros
Doyan nongkrong, tidak pernah nabung, dan parahnya lagi teman Anda yang satu ini sering memanas-manasi kita untuk belanja konsumtif. Meski penghasilan besar, di akhir bulan tidak akan ada jejaknya lantaran selalu habis untuk hal-hal konsumtif. Si teman selalu saja mengajak ke tempat-tempat yang menguras uang. Apalagi kalau sering minta ditraktir.

2. Yang suka merendahkan kesederhanaan
Saat kita berusaha bergaya hidup sederhana, eh, kena cibir. Misalnya kita sering makan di warteg. Teman itu sering mengolok-olok. Bahkan hampir tiap hari order ojek online untuk membelikan makanan “mewah” ala Barat, seperti burger sampai sate kambing.

Atau kita memutuskan pakai handphone jadul karena masih berfungsi baik. Si teman mengejek lantaran menganggap kita tak mengikuti perkembangan teknologi. Belum tahu dia makna penting kesederhanaan.

3. Yang suka mengambil keuntungan
Tipe yang satu ini maunya “berteman” kalau ada untungnya untuk dia. Misalnya, mau makan bareng asal dibayarin atau kalau dikenalin dengan relasi bisnis yang potensial.
Tapi saat kita ingin curhat tak pernah ada waktu, dan tidak pernah tanya kabar kalau tidak ada butuhnya. Siap-siap saja kena porot kalau menjalin tali pertemanan yang akrab dengan orang seperti ini.

4. Yang sering mengeluh soal kerjaan

Sering pasti menemukan teman yang hobinya mengeluh terus soal kerjaan. Akibatnya, dia membawa aura negatif untuk hidup kita. Kalau terus ditemenin, orang seperti ini bisa bikin Anda ikut stres dan jadi tak termotivasi kerja.
Hidup sudah susah, tak perlu ditambah susah dengan mendengarkan komplain tak berujung dari orang di sekitar kita. Bisa-bisa kita malah ikut tak bergairah dalam kerja, dan akhirnya makin jauh dari tangga karier yang menjanjikan kekokohan finansial.

5. Yang malas
Ini juga berpengaruh untuk kehidupan kita. Ketika terjun ke suasana yang penuh kemalasan, bukan mustahil kita akan ikut-ikutan malas. Padahal orang malas tidak punya tempat dalam kemajuan. Bagaimana bisa maju kalau malas melakukan apapun? Kalau berteman akrab dengannya, bisa-bisa tertular malas dan kinerja jadi merosot.

Berteman memang boleh dengan siapapun, tapi pilihlah teman dekat yang memang memberikan pengaruh positif bagi hidup Anda. Kalau hanya bisa menggembosi kantong kita sih ya jelas rugi. Ciptakan pertemanan yang berkualitas supaya hidup lebih hidup. Kenali dulu karakter teman yang berpotensi membuat Anda cepat bangkrut.

Tapi, jika mau, kita bisa jadi agen perubahan buat lingkungan sekitar. Jalin pertemanan dengan mereka-mereka, dan coba tularkan kebiasaan kita yang lebih baik.
Siapa tahu mereka yang tertular jadi ikut baik. Namun tetap mesti hati-hati. Jangan sampai terbawa arus dan jatuh bangkrut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.