Sukses

6 Cara Bangun Pagi Terbaik Hingga Terburuk, Anda yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Jika tidak terbiasa bangun pagi, mungkin Anda termasuk ke dalam kelompok orang-orang yang memiliki waktu sulit di pagi hari. Keluar dari tempat tidur selalu menjadi tantangan sulit bagi Anda di pagi hari.

Berikut ini adalah beberapa cara bangun pagi yang mendapat peringkat terbaik hingga terburuk, seperti dilansir dari furthermore.equinox.com, Senin (18/9/2017). Ingin tahu Anda yang mana? Simak di sini.

1. Secara alami
Bangun pagi berdasarkan ritme sirkadian Anda sendiri adalah peringkat terbaik yang mutlak. Ada beberapa orang yang setiap hari bisa bangun pagi, bahkan sebelum alarm mereka berbunyi.

Orang-orang terbiasa tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Faktanya, waktu tidur yang tidak sama dan bangun di waktu yang berbeda akan mengganggu otak.

2. Bangun di waktu menuju siang
Ini dinamakan siklus bangun tidur yang selaras dengan siklus matahari. Ini jugalah yang menyebabkan Anda kesulitan tidur jika tirai kamar dibuka.

Anda bisa mempermudah hal ini dengan memadamkan lampu dan memasang alarm secara bertahap untuk pagi hari. Mulai dari fajar untuk berjaga-jaga.

3. Bangun dengan sedikit sentuhan
Sama dengan dibangunkan. Jika tidak ada siapa pun yang bisa membuat Anda bangun pagi, jadikan alarm bergetar ketika berbunyi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara bangun pagi dari yang terbaik hingga terburuk

4. Bangun dengan suara
Ada orang-orang yang hanya bisa bangun jika mendengar suara, apakah Anda salah satunya? Suara akan memberikan otak semacam rangsangan untuk dipusatkan dan diikuti, membuat Anda terbangun.

5. Bangun dengan suara yang mengagetkan
Di waktu inilah tidur paling nyenyak sering terganggu. Suara yang mengagetkan dianggap tidak optimal karena akan membuat tubuh mengira telah melakukan kesalahan atas siklus tidur Anda.

Cobalah untuk mencari bunyi alarm yang semakin keras secara perlahan. Selain membuat tubuh cemas, bunyi yang mengagetkan juga dapat merusak telinga Anda.

6. Bangun dengan sengatan listrik
Cara ini bukan berarti menganggap Anda yang paling lemah. Ada beberapa orang yang jika sudah tidur, ia benar-benar akan lelap, sehingga untuk membuat mereka terjaga, harus ada sedikit arus listrik.

Intinya, tidak peduli bagaimana tubuh membawa Anda ke dalam kondisi waspada, pilihlah cara yang terbaik. Berikan waktu sekitar 10 menit setelah bangun untuk olahraga dan makan, karena dengan cara ini, otak akan mulai belajar apa artinya bangun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.