Sukses

Menyeruput Wedang Jahe Khas Kotagede yang Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Minum minuman tradisional masih jadi pilihan masyarakat. Mulai dari jamu hingga wedang jahe. Minuman ini dipilih karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menu minuman tradisional ini juga jadi menu spesial di Pendopo Nde Luweh Kotagede. Minuman yang diberi nama Wedang Kotagedhe ini menjadi menu andalan untuk minuman.

Lintang Adi, karyawan Pendopo Nde luweh, mengatakan, minuman "Kotagedhe" ini menjadi menu andalan untuk minuman. Minuman ini berisi berbagai bahan tradisional mulai dari kencur hingga jahe.

"Minuman 'Kotagedhe' itu terdiri dari kencur, tape, gula jawa, sere, dhele jahe. Trus disingkat Kotagedhe," ujarnya Kamis (14/9/2017).

Menurutnya, minuman ini asli dari Kotagede Yogyakarta. Usai minum ini akan membuat badan hangat dan sehat. Karena berbagai rempah-rempah juga ada dalam minuman

"Ada minuman nde luweh juga itu andalan lainnya. Banyak rempah juga," katanya.

Untuk menikmati minuman ini bisa datang ke Pendopo Nde Luweh mulai pukul 05.00 sore hingga 11.00 malam. Cukup murah untuk menikmati minuman khas Kotagede, yaitu Rp 5 ribu per porsi.

"Biasanya malam malam gini dipesannya. Kalo sore mungkin banyak yang pesen lainnya," Katanya.

Sementara itu, salah satu pengunjung pendopo Nde Luweh Ketut mengaku baru pertama kali datang ke Pendopo ini sekaligus mencicipi minuman khas Kotagede ini. Menurutnya, rasa minuman termasuk baru di lidahnya. Namun, ia mengaku senang karena manfaat yang terkandung dalam minuman itu.

"Baru ini sih soalnya tertarik dengar namanya terus mau pesen. Lumayan sih buat anget anget," katanya. (Yanuar H)

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
3 Resto Bebek Paling 'Ngehits' di Bali