Sukses

Kemenpar Ikut “Wonderful Indonesia Travel Fair” di Malaysia

Liputan6.com, Malaysia Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin gencar menebar pesona “Wonderful Indonesia” untuk menjaring wisatawan di negara-negara potensial. Salah satunya adalah Malaysia, yang merupakan “kantong” penyuplai wisatawan ke berbagai destinasi di Indonesia.

Setelah meluncurkan paket bundling wisata dalam Promosi Wonderful Indonesia (PWI) Terpadu dan terlibat aktif dalam MATTA Fair di Kuala Lumpur pada 8 hingga 10 September lalu, kali ini giliran kegiatan promosi dan direct selling yang akan dilakukan.

Bekerja sama dengan maskapai AirAsia, kementerian yang berada di bawah komando Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tersebut akan menggelar "Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia" pada 22 hingga 24 September 2017 di iOi City Mall, Putrajaya, Malaysia.

iOi City Mall dipilih karena tempat ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi warga Malaysia. Nantinya, acara akan digelar di tempat yang paling strategis, yaitu di tengah-tengah iOi City Mall di lantai dasar. Tempatnya pun luas, mencapai 3.400 meter persegi.

Menurut Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, Rizki Handayani, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk promosi sekaligus upaya meningkatkan branding Wonderful Indonesia di Malaysia.

"Mempromosikan destinasi Indonesia sesuai target dengan coverage penerbangan Air Asia, terutama di originasi Malaysia," ujar Rizki.

Para pengunjung nantinya akan diberikan informasi terkait berbagai destinasi di Indonesia. Pengunjung juga akan disuguhkan berbagai kesenian Indonesia, seperti tari Rampak Gendang, tari Bajidor Kahot, tari Ronggeng Nyentrik, tari Genjring Party, serta live music tradisional Tehyan.

"Juga akan ada kegiatan-kegiatan menarik yang menjadi gimmick, seperti prize wheel serta photo booth dengan hadiah-hadiah menarik," ucap Rizki.

Selain ajang promosi, travel fair tersebut juga akan menjual paket perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia yang melibatkan sejumlah travel agent dengan harga-harga menarik, yaitu potongan harga hingga 50 persen dari Air Asia.

"Sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di originasi Malaysia melalui penjualan tiket Air Asia dan paket wisata," ucap Rizki.

Ia melanjutkan, "Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia" merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi bersama (joint promotion) antara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dengan maskapai Air Asia.

"Selain di Malaysia, kerja sama ini juga dilakukan di negara pasar Singapura," kata Rizki.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik terselenggaranya "Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia" sebagai bagian dari promosi pariwisata Tanah Air ke publik Malaysia.

Menurutnya, “Wonderful Indonesia Travel Fair 2017 with AirAsia” merupakan momentum potensial untuk dapat menjaring wisatawan berkunjung ke Indonesia, terutama dari Malaysia.

Tahun ini, Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisman Malaysia sebesar 1.772.000 orang, di mana pada 2016 sebanyak 1.225.458.

“Malaysia adalah pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya. Sama-sama rumpun Melayu,” ujar Arief.


(*)

Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Turut Meriahkan Resepsi Diplomatik di Mumbai