Sukses

Jangan Lewatkan Tujuh Ritual di Festival Tabuik Pariaman 2017!

Jangan Lewatkan Tujuh Ritual di Festival Tabuik Pariaman 2017

Liputan6.com, Sumatera Barat Di Pariaman, Sumatera Barat, pada 20 September-1 Oktober 2017, akan ada Tujuh Ritual Festival Tabuik. Bagi Anda para travellers dan pecinta wisata budaya, jangan sampai kelewatan event ini.

"Festival Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan dalam masyarakat Pariaman dan merupakan bagian dari peringatan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Hussein bin Ali pada 10 Muharram. Sejarah mencatat, Hussein beserta keluarganya wafat dalam perang di padang Karbala. Acara ini sangat menarik," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal.

Tabuik sendiri adalah sebuah patung Buraq, makhluk majestik yang menyerupai seekor kuda bersayap dengan kepala wanita, yang terbuat dari bambu, rotan, dan kertas. Di punggungnya, terdapat sebuah peti yang berisi perhiasan dekoratif dan payung.

Legenda tersebut mengisahkan bahwa setelah wafatnya sang cucu Nabi, kotak kayu berisi potongan jenazah Hussein diterbangkan ke langit oleh buraq. Berdasarkan legenda itu, setiap tahun masyarakat Pariaman membuat tiruan dari buraq yang sedang mengusung tabut di punggungnya.

Rangkaian kegiatannya, ucap Efendi, terdiri dari tujuh tahapan ritual tabuik, yaitu mengambil tanah, menebang batang pisang, mataam, mengarak jari-jari, mengarak sorban, tabuik naik pangkek, hoyak tabuik, dan membuang tabuik ke laut.

"Prosesi dimulai dengan mengambil tanah dilaksanakan pada 1 Muharram. Menebang batang pisang dilaksanakan pada hari ke-5 Muharram. Mataam pada hari ke-7, dilanjutkan dengan mangarak jari-jari pada malam harinya. Pada keesokan harinya dilangsungkan ritual mangarak saroban," kata dia.

Acara puncak pada 10 Muharram, dilakukan ritual tabuik naik pangkek dan dilanjutkan dengan hoyak tabuik.

"Sebagai ritual penutup, menjelang Maghrib, tabuik setinggi 12 meter ini diarak menuju pantai dan dilarung ke laut," ujar Efendi.

Setiap tahunnya puncak acara tabuik selalu disaksikan ratusan ribu pengunjung yang datang dari berbagai pelosok Sumatera Barat. Pantai Gandoriah yang menjadi titik pusat perhatian seakan menjadi lautan manusia, khususnya menjelang prosesi tabuik diarak menuju pantai.

"Even ini memang sebagai festival wisata untuk mendatangkan turis dan menggerakkan perekonomian Pariaman. Festival ini merupakan even wisata terbesar yang menarik wisatawan dari luar ke Pariaman, ini murni kegiatan pariwisata," ucap Efendi.

Selain Festival Tabuik, Pariaman, sebuah kota yang terletak sekitar 60 km dari Padang Sumatera Barat, itu juga menawarkan beragam potensi wisata bahari.

Sejauh ini, obyek wisata bahari cukup diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota Pariaman kaya akan obyek wisata bahari yang ada disepanjang 12,5 kilometer panjang pantai kota ini.

Di samping obyek wisata pantai, Kota Pariaman juga memiliki panorama bawah laut yang cukup memukau dan kaya akan keindahan terumbu karang di dalamnya.

"Kita juga memiliki enam buah pulau yang bernuansa eksotis serta kekayaan tradisi budaya yang telah lama diwariskan sejak ratusan tahun yang lalu, semuanya bia dinikmati dan di eksplore" kata Efendi.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sendiri mendukung program-program pengembangan wisata dengan cara terus memperkenalkan kesenian pariwisata nagari masing-masing dengan spesifikasi ikon keunikan dan kecantikan obyek wisata yang ada.

"Festival ini diharapkan mampu menjadi sebuah kegiatan bersama atas pentingnya budaya asli atau kearifan lokal. Dengan demikian, kegiatannya diharapkan mampu membangkitkan kawasan wisata dan cinta alam, khususnya wisata budaya, selain mengingatkan kembali bahwa Pariaman sebagai daerah tujuan wisata yang bersejarah," ujar Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini