Sukses

Trik Jitu Cegah dan Atasi Jet Lag Saat Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu tahu kalau jet lag bisa membuat perjalanan liburan ke luar negeri yang menyenangkan berubah jadi menyebalkan. Sebab, kondisi seperti ini bisa membuat Anda merasa terganggu karena adanya perubahan pola tidur, rasa selalu mengantuk, lelah, dan dehidrasi.

Semua rencana traveling yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari bisa saja berantakan karena hal ini. Tenang, jet lag bisa kok dihindari asalkan Anda ikuti beberapa tips dan trik berikut seperti yang dilansir dari Popsugar, Senin (11/08/2017).

Sebelum Naik Pesawat

Seminggu sebelum perjalanan traveling, sebaiknya Anda ubah jadwal tidur terlebih dahulu. Misalnya kalau destinasi yang Anda tuju punya perbedaan waktu maju beberapa jam dari lokasi tempat tinggal, cobalah untuk biasakan tidur lebih awal. Lakukan hal ini selama kurang lebih satu minggu. Dengan begitu, tubuh Anda akan langsung menyesuaikan diri ketika sampai di zona waktu yang baru.

Pilihlah jadwal penerbangan malam. Dengan begitu, Anda bisa tidur selama perjalanan sehingga waktu tak akan terasa lama. Anda pun tak akan merasa bosan ketika berada di pesawat sebab sebagian besar waktu keberangkatan akan dipakai untuk beristirahat.

Jangan lupa untuk membawa bantal traveling dan earphone. Pastikan untuk memasukan barang-barang yang memungkinkan Anda bisa tidur dengan nyaman saat penerbangan. Olahraga bisa bantu Anda untuk meregangkan otot dan menghilangkan kegelisahan yang membuat Anda merasa lelah sebelum penerbangan. Anda pun bisa tidur lebih nyenyak di pesawat.Hindari stres. Rasa cemas bisa membuat gejala jet lag bertambah parah. Jadi antisipasi hal-hal yang bisa membuat Anda merasa panik seperti mengecek jadwal penerbangan sehari sebelum keberangkatan atau mengemas barang dengan tenang.

Saat Naik Pesawat

Selama penerbangan, pastikan untuk tetap menjaga kondisi cairan tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk minum beberapa gelas air agar menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan jet lag bertambah parah. Usahakan untuk hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Keduanya justru bisa membuat dehidrasi bertambah parah.

Saat berada di pesawat, Anda harus cermat dalam memilih makanan. Supaya tak mengalami mual dan lesu ketika mendarat, jangan makan berlebihan selama penerbangan. Pilihlah makanan ringan yang sehat serta hindari junk food.

Lakukan peregangan saat berada di pesawat. Pastikan tubuh terus bergerak dan aktif saat Anda sedang tak tidur. Dengan begitu, peredaran darah akan berjalan lancar dan otot tak akan kaku saat sampai ke tempat tujuan.

Saat Sudah Sampai di Tujuan

Hal pertama yang ingin dilakukan setelah mendarat dari pesawat tentulah tidur. Sebaiknya jangan langsung lakukan hal ini setelah sampai tempat tujuan kecuali Anda tiba di malam hari. Coba untuk buat diri Anda tetap terjaga sampai saat istirahat sudah tiba. Dengan begini, Anda bisa menyesuaikan diri dengan waktu lokal dan akan pulih dari jet lag dengan lebih cepat.

Sembari menunggu waktu istirahat tiba, biarkan kulit Anda terpapar matahari. Selain jadi stimulan, sinar mentari ternyata sangat baik untuk mengatur kembali pola jam tubuh sehingga Anda bisa segera menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Meski sedang liburan ke luar negeri, jadwal olahraga yang sudah rutin dilakukan jangan sampai terlewatkan. Sebab, kegiatan satu ini juga memengaruhi pola tidur selama traveling.

Rencanakan liburan ke luar negeri dengan Reservasi.com. Banyak promo dan diskon hingga jutaan rupiah tanpa minimum transaksi setiap harinya. Beli tiket pesawat dan booking hotel lebih mudah dan murah.

Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja