Sukses

Berjiwa Bebas? Pilih Kantor yang Memiliki 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Setiap perusahaan tentu punya kebijakan kantor yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang mewajibkan karyawan masuk kantor jam 08.00 pagi, ada yang fleksibel. Ada yang mengizinkan karyawan memakai busana kasual, ada yang harus menggunakan busana formal.

Kebijakan perusahaan ini erat kaitannya dengan ritme kerja para karyawan dan budaya kantor. Pada akhirnya, poin ini juga akan menentukan produktivas karyawan.

Untuk itu, mengetahui budaya perusahaan sebelum kita menandatangani kontrak itu sangat penting. Bagaimana caranya bila kita belum diterima kerja di sana dan belum tahu suasana kerjanya?

Budaya dan ritme kerja suatu perusahaan bisa kita lihat dari kondisi kantor dan peraturan standar yang tertera di kontrak kerja. Toh sebelum dinyatakan diterima, Anda pasti dipanggil interview ke kantor mereka bukan? Nah, di saat itulah Anda bisa menilai lingkungan kerja di perusahaan tersebut.

Sebelum tanda tangan kontrak, pastikan dulu Anda sudah mantap dengan pilihan Anda dan yakin kalau perusahaan ini sesuai dengan kepribadian Anda.

Menurut DuitPintar.com, jika Anda berjiwa bebas dan merasa bisa bekerja lebih optimal di lingkungan kerja yang santai, perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Ada Area Makan

Kantor yang memiliki area makan sendiri membuktikan kalau istirahat sejenak adalah hal penting untuk kesehatan Anda sebagai karyawan. Mereka mengerti bahwa produktivitas bisa didapat bila seluruh karyawannya sehat dan bebas dari stres. Selain itu, area makan khusus juga bisa meningkatkan kebersamaan karyawan. Jadi bisa lebih akrab dengan rekan-rekan kerja.

2. Ada Kebijakan Remote Working

Remote working atau kerja di luar kantor mungkin dianggap tidak cocok untuk beberapa divisi, sebut saja seperti personalia, keuangan, atau divisi yang mengerjakan pekerjaan rutin administratif. Tapi terkadang ada kondisi di mana seseorang harus bekerja di luar kantor.

Seperti contohnya ketika terjebak banjir dan tak bisa menuju kantor. Atau mungkin Anda butuh suasana yang berbeda untuk menunjang produktivitas.

Bila perusahaan tempat Anda bekerja memiliki kebijakan ini, manfaatkanlah dengan baik dan jangan disalahgunakan. Sejatinya, bekerja di luar kantor memang menyenangkan bagi sebagian orang karena perubahan tempat kerja bisa meningkatkan semangat.

3. Tak ada partisi di area kerja

Meski digunakan untuk melindungi privasi, partisi atau penyekat antara meja kerja menimbulkan kesan lingkungan kerja yang kaku. Kaku identik dengan birokrasi yang serba rumit, budaya senioritas, dan formal.

Kalau ruang kerja kantor yang Anda kunjungi benar-benar tak bersekat atau terbuka, tentu suasananya terkesan fleksibel. Ini juga jadi indikator kalau di kantor tersebut seluruh karyawannya saling membaur.

4. Aturan Berbusana di Tempat Kerja

Memakai setelan kerja yang formal dan terkesan profesional memang penting, terutama bagi mereka yang posisinya mengharuskan untuk sering berinteraksi dengan klien.

Namun, ketika hanya kerja di kantor dan tak ada jadwal bertemu klien di hari itu, boleh dong santai sedikit dengan celana jeans dan atasan kasual tapi sopan?

Kalau Anda tipe yang “gerah” menggunakan baju formal setiap hari, cari tahu soal kebijakan berpakaian di kantor baru. Saat interview, perhatikan bagaimana karyawan-karyawan di sana berbusana. Apa semua kelihatan kaku dengan setelan kerja, atau cenderung santai dengan gaya kasual namun tetap sopan?

5. Fasilitas Olahraga

Yang satu ini jarang ada yang punya. Tapi kalau ada, pasti kantornya menyenangkan.

Olahraga itu sangat penting, apalagi untuk karyawan yang jam kerjanya padat. Kalau jam kerja padat, olahraga biasanya bisa tertunda sampai akhirnya dilupakan begitu saja.

Bila kantor menyediakan fasilitas untuk berolahraga, tandanya mereka ikut peduli dengan kesehatan Anda. Mereka juga bukan tipe kantor yang memperlakukan karyawannya seperti robot.

6. Ruang Rekreasi

Ruang rekreasi fungsinya untuk beristirahat melepas lelah sejenak dari kesibukan rutin. Biasanya di dalamnya ada sofa, televisi, atau bahkan ada yang sampai menyediakan video game.

Tidak semua kantor punya ruangan seperti ini. Kalau pun punya, biasanya kantor itu merupakan kantor agency atau startup.

Ruang rekreasi bisa membuat Anda betah berlama-lama di kantor dan bisa menjadi sarana untuk para karyawan refreshing sejenak dari beban kerja yang berat.

Artikel Selanjutnya
Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu
Artikel Selanjutnya
Tips Memiliki Kualitas Hidup Yang Lebih Baik dan Sukses