Sukses

Masih Jet Lag Usai Liburan? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Kembali dari perjalanan jauh setelah liburan dan merasakan sulit untuk tidur? Kemungkinan besar Anda masih mengalami jet lag. Jet lag merupakan hal wajar dialami saat menempuh perjalanan udara yang panjang. 

Seperti melansir dari situs Allwomanstalk, Rabu (13/9/2017), Anda tidak bisa menghindarinya namun setidaknya bisa meminimalisir agar tidak mengganggu tidur Anda. Berikut enam cara hilangkan jet lag setelah menjalani perjalanan udara yang panjang saat liburan.

1. Tidur sebelum penerbangan

Agar mengurangi efek jet lag setelah berlibur, Anda dapat melakukan perencanaan yang baik. Salah satunya adalah waktu tidur. Beberapa hari sebelum perjalanan, secara teratur Anda dapat menyesuaikan waktu tidur dengan kebiasaan orang-orang di tempat tujuan Anda. Jadi perubahan pola tidur tidak terlalu berpengaruh pada Anda saat mendarat di tempat yang baru.

2. Pola makan

Liburan membuat pola makan Anda tidak teratur. Hal ini dapat ditolerir karena Anda hanya bisa memakannya saat mengunjungi negara tersebut saja. Namun, Anda tetap harus membatasi pilihan makanan yang ekstrem agar tidak membuat kondisi tubuh Anda memburuk saat perjalanan jauh, seperti kafein dan alkohol yang berlebihan. Perbanyak mengonsumsi air dan pilihlah menu salad untuk memperlancar pencernaan Anda.

 

1 dari 3 halaman

Menyesuaikan jam dengan segera

3. Mengubah jam Anda dengan segera

Segera menyesuaikan penunjuk waktu Anda seperti jam tangan atau jam pada ponsel untuk mengikuti jam tempat tujuan sesaat sebelum keberangkatan. Meski Anda memiliki perbedaan waktu yang ekstrem sekalipun, cara ini dapat mengurangi jet lag yang Anda rasakan ketika tiba di tempat tujuan.

4. Tetap tenang

Saat Anda merasakan jet lag di negara tujuan liburan, atau kembali dari perjalanan panjang, cobalah untuk tetap santai. Rencanakan perjalanan dengan baik, makanan yang sehat, dan bayangkan bertemu bersama orang-orang yang menyenangkan. Anda akan menjalani liburan seru dan kembali dengan bahagia yang mengurangi kelelahan setelahnya.

2 dari 3 halaman

Batasi tujuan liburan

5. Jangan terlalu banyak tujuan liburan

Hindari untuk merencanakan berkunjung ke banyak tempat dengan waktu yang singkat. Jika Anda hanya memiliki waktu libur empat hari, cobalah untuk menghabiskan waktu liburan di satu tempat saja. Tubuh Anda akan terlalu lelah dan sulit membiasakan pada tempat baru jika Anda berpindah tempat dalam waktu singkat.

6. Hindari tidur siang

Anda dapat menahan diri dari tidur siang saat berlibur ke luar negeri. Anda dapat tidur lebih nyaman di malam hari, jika Anda tidak tidur di siang harinya. Usahakan untuk tidur malam tidak lebih dari pukul 10 malam, agar Anda terbangun lebih segar dan siap melanjutkan liburan.

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini