Sukses

2.227 Peserta Akan Ramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017

Liputan6.com, Tobasa Sedikitnya 2.227 peserta akan meramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (10/9/2017). Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di dealapan kabupaten di kawasan Danau Toba.

"Tahun lalu, semua orang merinding karena kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba," ujar Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.

Ia mengatakan, semua orang turun ke pesta tahunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) tersebut. Mereka mengenakan ulos, ikat kepala sortali, dan berbusana adat Nusantara dengan warna merah tua, hitam dan ornamen putih.

"Tahun ini akan dilangsungkan lagi 10 September 2017," ucap Arief.

“Mulai dari Kabupaten Dairi, Karo, Simalungun Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, hingga Pakpak Bharat, semua ikut meramaikan. Ada 55 Kontingen yang ikut karnaval. Setiap kontingen paling sedikit ada 30 orang dan paling banyak ada 200 orang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong, di Balige, Jumat (8/9/2017).

Dia menjelaskan, peserta karnaval akan diikuti 41 mobil hias dan 11 becak hias. Selain itu, ada 300 manghunti tandok (menjunjung tandok) dan peserta karnaval yang bermain terompet sangkakala.

"Jadi nanti ada barisan parade multi etnis yang tidak hanya dari delapan kabupaten di sekitar Danau Toba. Juga ada barisan parade dari etnis Nias, Jawa, Melayu, India dan China. Ini bisa menjadi karnaval yang hangat, akrab, komunikatif, dan bisa berbagi kebahagiaan. Jadi harus merangkul segala kalangan. Jadi tak hanya seni budaya tradisi, tapi juga ada budaya yang lainnya," ujar Ultri.

Karnaval yang menempuh jarak 2,7 km tersebut akan dimulai dari Soposurung dan finish di Bank Sumut Balige. Selain itu, semua detailnya original, desain panggung dengan nuansa merah putih dan backdrop gambar Danau Toba akan berada di Lapangan Sisingamangaraja, yang menjadi lokasi kumpul untuk hiburan rakyat.

“Akan ada pula Pameran Produk Kuliner di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige. Rangkaian karaval sendiri akan dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga 21.30 WIB,” ucap Ultri.

Kesiapan seluruh agenda pun dipuji Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Dia mengaku senang lantaran atraksi Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017 sudah siap. Agendanya bahkan diyakini tidak kalah seru dengan puncak Karnaval Kemerdekaan di Bandung.

“Atraksi sudah siap. Exsposure medianya juga akan jauh lebih kuat karena kegiatan ini akan diliput stasiun TV nasional maupun internasional," kata Ultri.

Dampak positifnya pun disebut-sebut bakal besar. Hotel, restoran, rental mobil, pedagang souvenir, semua akan kecipratan berkah dari Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017.

“Semua lini pasti akan hidup. Dijamin Anda tak akan kecewa," ujar Arief.


(*)

Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali
Artikel Selanjutnya
Akhir Bulan Ada Banyak Acara di Festival Pesona Danau Limboto