Sukses

Berkemaslah, Studi Membuktikan Traveling Bikin Otak Lebih Cerdas

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang punya alasan sendiri untuk traveling, entah itu karena beristirahat dari rutinitas, mencari pengalaman baru atau karena pekerjaan. Banyak orang mengaku bahwa traveling membuat mereka lebih sehat secara fisik dan mental. Namun manfaat traveling bukan hanya itu saja, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa traveling ternyata juga mampu membuat kita lebih cerdas.

Dilansir dari Forbes, Senin (11/9/2017), sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 mengenai mahasiswa MBA yang dipimpin oleh William W Maddux, profesor perilaku organisasi di INSEAD, menemukan koneksi antara multicultural engagement dengan integrative complexity.

Secara sederhana dapat dikatakan, mahasiswa yang pernah bersentuhan dengan budaya luar atau pernah mengalami pengalaman traveling dan bertemu orang-orang baru cenderung lebih terbuka dan adaptif terhadap pengetahuan baru. Interaksi mereka selama traveling dengan masyarakat baru dan tempat baru membuat mereka memiliki perspektif dan sudut pandang yang lebih luas.

Profesor Maddux juga melakukan tes daya kreativitas terhadap dua grup mahasiswa. Grup pertama merupakan mahasiswa yang memiliki hobi traveling sedangkan grup kedua merupakan kumpulan mahasiwa yang tidak pernah berpergian. Hasil studi mengungkapkan, grup pertama memiliki ide kreatif 50 persen lebih baik daripada grup kedua.

“Kami menemukan bahwa peningkatan daya kreatifitas secara signifikan terjadi pada kelompok mahasiswa yang pernah merasakan hidup di negara asing,” jelas Maddux.

Selain itu, ditemukan pula hubungan antara multicultural engagement dengan jumlah tawaran pekerjaan yang diterima para mahasiswa di akhir kuliah MBA mereka. Maddux mengatakan, individu yang pernah traveling lebih banyak menerima tawaran pekerjaan.

“Pendekatan psikologis dan keterlibatan mereka dengan budaya yang berbeda ternyata meningkatkan kesempatan profesionalitas,” jelasnya lagi.

Selain untuk menemukan spot foto selfie terbaik, traveling ternyata juga bisa membuat kita lebih cerdas, kreatif dan lebih terbuka. Jadi tunggu apa lagi? Pesan tiket dan kemas koper Anda segera. 

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Selalu Buruk, Bergadang Juga Punya Manfaat
Artikel Selanjutnya
Merinding Dengarkan Lagu, Bisa Jadi Ciri Otak Anda Spesial