Sukses

Sensasi Pedas Asam Gangan Ikan Khas Belitung yang Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta Selain Bangka, Belitung juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Indonensia. Bukan hanya soal pemandangan alamnya saja yang menawan, provinsi ini juga memiliki beragam sajian kuliner khas pesisir yang tidak ada di daerah lain di Indonesia, salah satunya adalah sajian Gangan Ikan.

Gangan Ikan adalah masakan ikan dengan kuah kuning. Warna kuning yang begitu menggoda didapatkan dari rempah-rempah yang begitu kuat di dalamnya.

Anda akan bisa merasakannya begitu suapan pertama. Rasa pedas dan asam yang berpadu dengan sempurna menghasilkan sensasi yang lezat dan menyegarkan.

Gangan Ikan dibuat dari Ikan Ekor Kuning dan diberi tambahan buah nanas untuk sensasi asam yang kental di dalamnya. Tidak hanya Gangan Ikan, beberapa masakan lainnya, seperti Gangan Daging, Gangan Santan, dan Gangan Ikan Darat juga wajib dicoba.

Namun, jangan salah, walaupun sama-sama masakan "Gangan", satu dan lainnya akan berbeda bumbu dan cara memasaknya. Seperti nanas milsanya, yang hanya ada di dalam masakan Gangan Ikan dan tidak digunakan dalam masakan Gangan Daging.

Tim Liputan6.com berkesempatan mencoba masakan Gangan Ikan bersama tim dari Kementerian Pariwisata Indonesia di sebuah restoran bernama RR saat menyambut penerbangan internasional pertama ke Belitung yang berasal dari para investor Malaysia. Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 30 ribu per porsinya. Cukup murah bukan, untuk masakan khas Belitung yang lezat? 

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba