Sukses

Sensasi Pedas Asam Gangan Ikan Khas Belitung yang Menyegarkan

Tak hanya memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, Belitung juga kaya akan sajian kuliner khas pesisir yang tidak ada di daerah alin.

Liputan6.com, Jakarta Selain Bangka, Belitung juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Indonensia. Bukan hanya soal pemandangan alamnya saja yang menawan, provinsi ini juga memiliki beragam sajian kuliner khas pesisir yang tidak ada di daerah lain di Indonesia, salah satunya adalah sajian Gangan Ikan.

Gangan Ikan adalah masakan ikan dengan kuah kuning. Warna kuning yang begitu menggoda didapatkan dari rempah-rempah yang begitu kuat di dalamnya.

Anda akan bisa merasakannya begitu suapan pertama. Rasa pedas dan asam yang berpadu dengan sempurna menghasilkan sensasi yang lezat dan menyegarkan.

Gangan Ikan dibuat dari Ikan Ekor Kuning dan diberi tambahan buah nanas untuk sensasi asam yang kental di dalamnya. Tidak hanya Gangan Ikan, beberapa masakan lainnya, seperti Gangan Daging, Gangan Santan, dan Gangan Ikan Darat juga wajib dicoba.

Namun, jangan salah, walaupun sama-sama masakan "Gangan", satu dan lainnya akan berbeda bumbu dan cara memasaknya. Seperti nanas milsanya, yang hanya ada di dalam masakan Gangan Ikan dan tidak digunakan dalam masakan Gangan Daging.

Tim Liputan6.com berkesempatan mencoba masakan Gangan Ikan bersama tim dari Kementerian Pariwisata Indonesia di sebuah restoran bernama RR saat menyambut penerbangan internasional pertama ke Belitung yang berasal dari para investor Malaysia. Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 30 ribu per porsinya. Cukup murah bukan, untuk masakan khas Belitung yang lezat? 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.