Sukses

Perbanyak Online Shop, Bukalapak dan Kominfo Buat UMKM Go Online

Liputan6.com, Jakarta Online shop kini sudah menjadi salah satu cara utama untuk berjualan di dunia digital. Tentunya peluang besar ini, perlu disampaikan kepada berbagai pihak sehingga turut serta meningkatkan ekonomi Indonesia. Salah satunya melalui roadshow “UMKM Go Online” yang diselenggarakan di Bandar Lampung, Kamis (7/9/2017)

“Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional menjadi secara online. Hal ini dikarenakan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, agar memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk mereka,” ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.

Rangkaian roadshow untuk memperkenalkan online shop ini digelar oleh Bukalapak dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Rangkaian roadshow ini sudah diadakan di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.

Kegiatan ini mengundang lebih dari 250 peserta umum, dengan target keseluruhan 20 ribu UMKM. Mereka akan dibekali bimbingan untuk membuat bisnis digital, mulai dari pengenalan online hingga pemasaran bisnis. Tentunya para peserta mendapatkan kesempatan membuka online shop serta menjadi anggota komunitas bersama Bukalapak.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

1 dari 2 halaman

Harapan untuk semua peserta

“Kominfo menyambut baik kerja sama serta dukungan Bukalapak. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi ‘Digital Energy og Asia’. Kami berharap dapat mendigitalisasikan sekitar 8 juta UMKM tersebar diseluruh Indonesia,” ujar Harry Hartono, Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Dit.PI Kominfo.

Melalui kegiatan ini juga, diharapkan nantinya para UMKM dapat lebih kreatif memasarkan produk mereka, serta menghubungkan mereka lebih cepat dengan calon pembeli. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memajukan, meningkatkan inovasi, serta daya saing produktifitas. Sehingga berbagai UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia lebih cepat melek digital.

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Lepas Elevenia, XL Masih Punya Bisnis Digital Lain