Sukses

Menyembuhkan Jerawat Tanpa Terjebak dengan 10 Mitos Ini

Sering terjebak beberapa mitos yang membuat jerawat tidak kunjung sembuh? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang penyebab dan penyembuhan jerawat, banyak informasi yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari pengobatan sendiri dari bahan dapur, hingga solusi dari dermatologis.

Jika Anda masih berjuang menyembuhkan jerawat, jangan sampai terjebak ke dalam beberapa mitos di bawah ini, seperti dilansir dari teenvogue.com, Jumat (8/9/2017). Penasaran apa saja?

1. Obat adalah satu-satunya cara mengobati jerawat kistik
Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang menyakitkan dan terdapat di dalam kulit, yang seperti tidak akan pernah hilang. Jika Anda memiliki pola makan yang buruk, jerawat kistik tidak akan pernah hilang apapun yang terjadi.

Jerawat kistik bisa disembuhkan dengan terapi cahaya LED, karena menurut dermatologis, kekuatan terapi sinar biru dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi peradangan. Gabungkan dengan kombinasi nutrisi dari makanan dan facial biasa.

2. Jangan mencuci wajah terlalu sering
Pori-pori tersumbat kemungkinan besar terkait dengan sisa makeup dan keringat saat tidur. Pastikan Anda mencuci wajah dengan rutin sebelum tidur di malam hari dan biarkan suhu kamar dalam keadaan sejuk dan dingin.

Ketika Anda mencuci wajah lebih dari yang direkomendasikan, tubuh akan memberi sinyal pada kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Bukan sesuatu yang baik untuk menyembuhkan jerawat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara menyembuhkan jerawat tanpa terjebak mitos

3. Anda boleh menggunakan pasta gigi untuk menyembuhkan jerawat
Pasta gigi dibuat untuk gigi, tidak seharusnya Anda meletakkannya pada jerawat atau kulit yang lembut. Cobalah sesuatu yang lebih lembut dan menenangkan untuk kulit Anda.

4. Anda boleh memencet jerawat sendiri
Benjolan jerawat yang tampak mengganggu bisa disamarkan menggunakan makeup. Sedangkan bekas jerawat karena Anda memencetnya tidak dapat disembunyikan dengan apapun dan membutuhkan waktu lebih lama untuk penyembuhannya.

Jika Anda bersikeras, mulailah dengan wajah dan tangan yang bersih. Menghilangkan blackhead harus dimulai dengan ritual mandi, sedangkan menghilangkan whitehead cukup menggunakan cotton bud dan usahakan jangan langsung menggunakan jari tangan Anda.

5. Diet tidak ada hubungannya dengan jerawat
Ini tidak benar, karena diet tinggi lemak dan gula dapat memulai siklus peradangan yang mengubah keseimbangan kulit halus. Selain itu, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak susu, tubuh yang tidak dapat mengontrolnya lagi akan keluar dalam bentuk jerawat kistik.

6. Anda harus berbaring di bawah sinar matahari untuk menyembuhkan jerawat
Meskipun sinar UV memiliki sifat anti bakteri, yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat, matahari bukan obat. Sinar matahari justru dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

3 dari 3 halaman

Mitos-mitos jerawat

7. Tidak mungkin untuk menghilangkan bekas jerawat
Cara tercepat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan produk kecantikan yang memiliki asam glikolat dan asam laktat. Pastikan juga Anda tidak melewatkan tabir surya, karena sinar matahari dapat merangsang sel melanin, membuat bekas jerawat terlihat lebih gelap.

8. Melakukan eksfoliasi sesering mungkin
Eksfoliasi memang penting untuk dilakukan secara rutin, namun jangan melakukannya secara berlebihan. Lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

9. Meletakkan es batu pada jerawat akan menyembuhkannya
Meletakkan es batu di atas jerawat memang akan menekan pembuluh darah, membuat jerawat menjadi kurang merah dan tidak bengkak. Namun, ini hanya untuk perbaikan secara singkat.

10. Menggunakan minyak wajah akan menyebabkan jerawat
Tidak selalu. Faktanya, merawat kulit berjerawat dengan minyak justru benar-benar efektif.

Namun, pastikan untuk mencari produk minyak yang bertuliskan "non-comedogenic" pada labelnya, tidak akan menyumbat pori-pori. Jadi, mana mitos tentang jerawat yang masih Anda percaya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.