Sukses

7 Hal yang Menyebabkan Jerawat pada Orang Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpikiran bahwa jerawat hanya muncul saat Anda berada di usia muda. Lantas, mengapa banyak orang dewasa mengeluhkan hal yang sama?

Jika Anda mengalami hal yang sama, tenang saja, Anda tidak sendirian. Dilansir dari purewow.com, Senin (11/9/2017), berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda berjerawat di usia dewasa. Penasaran?

1. Kopi
Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard pada tahun 2005 mengatakan bahwa mengonsumsi kopi yang mengandung susu di dalamnya dapat menyebabkan jerawat, terutama jika itu adalah susu skim. Berbeda dengan konsumsi keju yang jarang menyebabkan jerawat.
Cobalah beralih kepada susu kacang yang justru dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

2. Smoothie paska olahraga
Smoothie yang mengandung bahan protein whey, karena penelitian yang dilakukan di Brazil's Federal University of Paraíba, mengonsumsi suplemen protein yang mengandung whey dapat meningkatkan jerawat, karena protein berbasis susu.

3. Pekerjaan
Menurut studi yang dilakukan oleh Wake Forest University's School of Medicine, tekanan emosional dapat memperburuk munculnya jerawat. Penting bagi Anda untuk melakukan latihan penekanan stres, seperti yoga dan meditasi untuk meminimalisir munculnya jerawat.

 

1 dari 2 halaman

Penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa

4. Diet sembarangan
Anda tahu seharusnya tidak lagi mengonsumsi susu sapi atau protein whey, namun bagaimana jika ini termasuk dalam diet? Sebuah sutdi yang dilakukan oleh Italy's Centro Studi GISED menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak ikan dapat mengurangi munculnya jerawat pada orang dewasa.

5. Kebiasaan mengonsumsi gula
Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan di Italia menunjukkan adanya hubungan antara jerawat dan diet kadar glikemik tinggi.

6. Berat badan
Khusus untuk kaum wanita, memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi berarti juga menyebabkan munculnya jerawat lebih banyak. Alasannya adalah wanita gemuk dapat menyebabkan perubahan hormon yang juga menyebabkan munculnya jerawat.

7. Kebiasaan merokok
Sebuah studi yang dilakukan oleh Rome's San Gallicano Dermatological Institute menemukan adanya korelasi yang jelas antara merokok dan munculnya jerawat pada orang dewasa. Jadi, apakah sampai sekarang Anda masih menemukan jerawat yang bermunculan di usia dewasa?

Artikel Selanjutnya
5 Tanda Penglihatan Ini Menandakan Kesehatan Tubuh
Artikel Selanjutnya
Waspadai Uban yang Muncul Sebelum Usia 30