Sukses

Penyebab Tak Terduga Kaki Kram Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Kaki kram saat tidur atau selama malam hari mungkin pernah dialami oleh setiap orang. Jika Anda salah satunya, tentu hal ini sangat menjengkelkan.

Bagaimana tidak, selain mengganggu tidur kaki kram juga terasa sakit. Belum lagi jika otot tidak segera kembali lentur setelah kram. Saat kram, otot secara mendadak berkontraksi sehingga menimbulkan rasa sakit.

Kram pun menjadi pengalaman yang tidak mengenakan, sehingga Anda tidak mau mengalaminya lagi. Namun kadang ada hal-hal tak terduga yang menyebabkan Anda mengalami kram.

Melansir dari laman Newsner, Jumat (8/9/2017), hal-hal ini dapat menjadi penyebab kaki kram yang tak terduga.

1. Dehidrasi
Kekurangan cairan dapat mempengaruhi sirkulasi darah yang menyebabkan kram otot. Saat dehidrasi, tubuh akan memberikan prioritas pada organ tubuh vital. Otot kaki dinilai sebagai bagian tubuh yang kurang penting, sehingga cairan tidak mengalir dengan baik ke area ini. Inilah yang mengakibatkan daerah ini mudah kram.

2. Dingin
Banyak orang yang senang tidur di kamar dengan suhu dingin. Memang, suhu dingin lebih nyaman untuk tidur. Namun, pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin karena dapat memicu kram. Meskipun Anda telah menyelimuti kaki, kadang kram masih bisa timbul.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

1 dari 2 halaman

Gerakan Tubuh

3. Tidak cukup bergerak sepanjang hari
Jika pekerjaan Anda tidak membutuhkan banyak gerakan, usahakan untuk cukup bergerak setiap hari. Karena ketika Anda tidak melakukannya, risiko kaki kram di malam hari meningkat. Latihan ringan dapat menghindari Anda dari kram.

4. Olahraga
Saat kurang bergerak dapat memicu kram, olahraga juga berdampak sama. Apalagi jika sudah lama Anda tidak berolahraga dan langsung melakukan olahraga berat. Maka, pastikan Anda melakukan olahraga dengan porsi yang tepat.

Artikel Selanjutnya
Usai Minum Obat Batuk, Suami Tikam Istri hingga Bersimbah Darah
Artikel Selanjutnya
6 Cedera yang Sering Dialami Cheerleaders