Sukses

Wajah Smart City Helsinki yang Bikin Banyak Orang Kagum

Liputan6.com, Jakarta Memperingati satu abad kemerdekaan, Finlandia mendapat hadiah spesial. Travel & Tourism Competitiveness Report tahun ini menyebut negara nordik itu sebagai tujuan wisata paling aman di dunia. Tak hanya itu, World Happiness Report juga mendapuk Finlandia sebagai salah satu dari lima negara di dunia yang palinh bahagia.

Helsinki sebagai ibukota Finlandia juga terus berubah dan selalu berinovasi sehingga menjelma menjadi smart city baru di dunia. Si kota tersebut, beragam pemikiran kreatif saling berkolaborasi membentuk solusi dari segala permasalahan kota. Tentu dengan semangat pelestarian alam, Helsinki kini menjelma menjadi kota yang layak untuk dijelajahi.

Lantas bagaimana wujud Helsinki sebagai smart city, berikut gambarannya seperti yang dikutip dari laman National Geographic, Kamis (7/9/2017).

Old Market Hall dari abad ke-19 masih lestari dan kini menjelma menjadi Market Square yang memiliki lebih dari dua lusin kios berkilauan yang menawarkan beragam kuliner khas Finlandia. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari penginapan dengan dekorasi bernuansa art deco gaya Eropa, hotel Lilla Roberts menjadi pilihan yang tepat.

Hotel yang dibangun pada 1908 oleh arsitek kenamaan Finlandia ini dahulu berfungsi sebagai kantor pemerintahan. Pada 2015, tempat tersebut dialihfungsikan menjadi sebuah hotel dengan 130 kamar bergaya art deco. Tak hanya itu, hotel ini juga dillengkapi dengan restoran megah yang menjadikan kuliner khas bangsa Nordik, seperti Lingonberry salah satunya.

Smart City

Jika di Indonesia Anda harus pergi kel luar kota untuk merasakan udara yang sejuk, di Helsinki Anda cukup berkunjung ke Loyly, yaitu kompleks sauna umum yang dibangun dari bahan sisa industri kayu. Di tempat ini wisatawan bisa merasakan sauna tradisional, yang panasnya berasal dari kayu bakar.

Salah satu syarat besar yang harus dipenuhi sebuah kota untuk menjadi smart city adalah melakukan manajemen lingkungan yang efektif, dan hal ini sudah dilakukan Helsinki dengan melestarikan beragam peninggalan budaya dan sejarahnya yang panjang.

Terlihat, kota ini dipenuhi dengan museum yang memberikan banyak informasi kepada wisatawan. Museum yang terkenal dan banyak dikunjungi salah satunya adalah Museum Nasional Finlandia yang bergaya art deco. Tak hanya itu, bangunan Gereja Katedral Helsinki dan Rock Churh juga memiliki bentuk art deco yang dibangun dengan batuan padat yang mampu memberikan cahaya indah di dalam gereja pada siang hari.

Artikel Selanjutnya
Studi Menunjukkan, Tersenyum Mampu Bikin Wajah Tampak Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ingin Bahagia, Hindari Hal Ini Saat Bangun Tidur