Sukses

Hindari 5 Rutinitas Kecantikan Ini untuk Kulit Berminyak

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah berminyak menjadi permasalahan yang kerap kali mengganggu. Perlu diketaui, kulit wajah yang berminyak lebih rentan berjerawat dan terlihat kusam.Selain melakukan antisipasi dengan serangkaian perawatan, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat membuat kulit Anda semakin berminyak.

Seperti yang dilansir dari situs Allwomanstalk, Jumat (8/9/2017), berikut beberapa kesalahan yang harus Anda hindari jika memiliki wajah berminyak.

1. Mencuci wajah terlalu sering

Membersihkan wajah secara berlebihan dan terlalu sering dapat membuat kulit Anda semakin berminyak. Hal ini terjadi karena berpengaruh pada kadar pH kulit Anda. Meski Anda merasakan wajah Anda kotor terkena debu, sebaiknya cuci wajah di saat akan keluar rumah dan setelah keluar rumah saja.

 

 

 

 

 

1 dari 5 halaman

Perawatan jerawat yang berlebihan

2. Perawatan jerawat yang berlebihan

Wajah berminyak rentan terhadap munculnya jerawat. Tidak masalah jika Anda menggunakan perawatan jerawat untuk meredakan peradangan jerawat, namun hindari pengaplikasian secara berlebihan. Hal ini karena produk perawatan jerawat biasanya mengandung salicylic acid. Senyawa ini baik untuk menghilangkan jerawat namun tidak dengan keadaan kulit berminyak Anda yang dapat menjadi semakin buruk.

2 dari 5 halaman

Melewatkan pelembap

3. Melewatkan pelembap

Banyak yang mengira kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap karena takut wajah kian berkilap. Namun hal ini keliru. Anda tetap membutuhkan pelembap, namun dengan kandungan yang benar dan tepat. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, gunakanlah pelembab yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit.

3 dari 5 halaman

Melewatkan aplikasi toner

4. Melewatkan aplikasi toner

Sama halnya dengan pelembap, Anda juga tidak dapat melewatkan proses pengaplikasian toner pada wajah. Toner berfungsi untuk menutup pori kulit yang melebar. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit. Meskipun Anda memiliki kulit berminyak, jangan melewatkan toner dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda. Pilihlah toner tanpa alkohol dan gunakan tidak secara berlebihan.

4 dari 5 halaman

Mencuci wajah dengan air hangat

5. Mencuci wajah dengan air hangat

Air hangat dapat membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan kotoran yang menumpuk. Namun mencuci wajah berminyak menggunakan air hangat dapat membuat produksi minyak semakin bertambah. Cukup basahkan handuk dengan air hangat, dan kompres wajah dengan cepat untuk menghilangkan kotoran. Kemudian cuci kembali wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori Anda.

Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari
Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis