Sukses

7 Cara Efektif Mengatasi Stres Emosional

Liputan6.com, Jakarta Stres adalah bagian dari kehidupan yang tak dapat terhindarkan. Entah itu berasal dari harapan dalam pekerjaan atau hubungan kita dengan orang di sekitar.

Terkadang jumlah stres yang kita hadapi setiap hari bisa sangat banyak. Stres secara emosional sulit untuk ditunjukkan karena bisa disebabkan oleh begitu banyak faktor.

Namun, ada banyak cara yang sehat untuk mengatasinya. Berikut adalah tujuh cara untuk mengelola dan mengatasi stres emosional secara efektif.

1. Jangan mengisolasi diri

Saat butuh waktu sendiri, jangan menganggap kita tak perlu bantuan orang lain. Meski Anda merasa tidak bisa bersosialisasi, tetap luangkan waktu untuk berada di dekat orang lain membantu membuang pikiran negatif. Atau jika tidak ingin bersosialisasi dengan teman atau keluarga Anda bisa menjadi sukarelawan dalam organisasi atau komunitas.

2. Cobalah meditasi

Dengan berfokus pada ketenangan, Anda dapat mengarahkan pikiran untuk berhenti mengkhawatirkan hal yang negatif. Seperti dari teknik pernapasan yang teratur yang memberi manfaat menenangkan. Anda juga bisa melatih diri secara sensorik dengan menggunakan rangsangan seperti bau untuk menenangkan diri.

3. Temukan terapis

Jika ingin mencurahkan perasaan tapi merasa tidak nyaman dengan teman atau keluarga, Anda bisa mencari terapis. Dengan membicarakan beberapa masalah yang dihadapi, Anda akan merasa lega. Anda mungkin dapat menemukan beberapa penyebab stres yang memungkinkan dicari solusinya.

1 dari 2 halaman

7 Cara Efektif Mengatasi Stres Emosional

4. Dukungan emosional dari hewan peliharaan

Studi menunjukkan jika heawn peliharaan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Terkadang hanya berbagi ikatan dengan mahluk hidup lainnya sudah cukup membuat kita merasa lebih baik dan mengurangi kecemasan kita.

5. Jaga tubuh Anda

Olahraga adalah pereda stres yang hebat. Yoga bisa menenangkan dan membuat Anda merasa rileks di dalam dan di luar. Makan dengan baik dan teratur juga berkontribusi membantu Anda merasa lebih stabil. Jangan lupa untuk mendapatkan tidur yang cukup.

6. Menyendiri beberapa waktu

Anda bisa memanjakan diri seharian ke spa atau pergi ke bioskop. Anda juga bisa mencoba menulis jurnal untuk pribadi dan juga dapat mencatat beberapa gagasan Anda. Selain itu, Anda bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di alam berpisah sejenak dari media sosial dan hiruk pikuk kota.

7. Terimalah emosi anda

Biarkan diri Anda merasakan apa pun yang Anda rasakan. Menerima emosi dan tekanan memungkinkan Anda melepaskan dan berhenti terobsesi dengan emosi.

 

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
Kelelahan Mental? Atasi Dengan 4 Gaya Hidup Sederhana Ini