Sukses

Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Hewan kesayangan terkadang begitu nakal sehingga sang pemilik kesulitan merawatnya. Sebaliknya, ada pula hewan kesayangan yang begitu penurut hingga dapat mengikuti kompetisi.

Hewan kesayangan yang cukup pintar dilatih yakni anjing. Mereka memiliki kecerdasan yang cukup untuk dapat lebih mudah diatur. Ini tipsnya agar mereka lebih penurut.

Andreas Boediman dari Maltese Club Indonesia mengatakan, melatih hewan kesayangan supaya menjadi lebih penurut sebenarnya mirip dengan melatih anak. Artinya, jika dibiasakan, mereka dapat menurut dengan aturan yang sudah dibuat.

"Dalam melatih mereka, jangan terlalu dimanjakan, jangan juga terlalu kasar, yang penting disiplin," ujar Andreas di Jakarta, Senin (4/9/2017).

Melatih trik anjing seperti duduk, diam, tidur, dan sebagainya dapat dilakukan dengan memberikan mereka treat. Biasanya treat berupa makanan yang disukai. Jika mereka berhasil melakukan satu trik, Anda dapat memberikan treat, tetapi jangan terlalu banyak.

Selanjutnya, jika mereka berbuat salah, Anda dapat menegurnya. Sekali, dua kali, hingga selanjutnya Anda dapat menghukumnya. Menurut Andreas, ini akan memberikan mereka efek jera sehingga mereka tidak akan melakukannya lagi.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

1 dari 2 halaman

Melatih ke toilet

"Saya pernah ada husky yang nakal, tidak mau menurut. Ternyata penyebabnya pemiliknya memberikan harness, bukan chain untuk di leher. Kalau pakai harness, mereka tidak sadar jika ditarik, karena tidak sakit. Padahal rasa sakit ini sebagai peringatan supaya mereka menurut," kata Andreas.

Untuk melatih ke toilet, Anda dapat membiarkan buang air di kertas, kemudian meletakan kertas tersebut di suatu tempat. Mereka akan mencium bau kotorannya dan lama-lama terbiasa buang air di satu tempat.

Artikel Selanjutnya
Manfaat Pelihara Hewan Kesayangan bagi Anak
Artikel Selanjutnya
Serunya Pelihara Hewan Eksotik di Rumah