Sukses

10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Setiap pagi Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengaplikasikan makeup agar wajah terlihat sempurna dan segar. Namun, seiring waktu, makeup tersebut akan luntur, entah karena udara yang terlalu panas atau debu, membuat wajah Anda tampak buruk.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Dilansir dari purewow.com, Selasa (5/9/2017), berikut ini adalah beberapa langkah membuat makeup awet sepanjang hari. Penasaran?

1. Mulailah dengan eksfoliasi
Melakukan eksfoliasi yang cepat dengan kain lembap dan hangat akan menyingkirkan semua kulit mati dan membantu produk kecantikan untuk meresap lebih baik ke dalam kulit.

2. Menggunakan pelembap
Ya, walaupun kulit Anda berminyak. Lapisan tipis pelembap sangat penting untuk menjaga kulit wajah tetap seimbang.

Aplikasikan pelembap ke seluruh bagian wajah dan leher, kemudian ratakan. Biarkan selama lima menit sebelum Anda mengaplikasikan produk selanjutnya.

3. Gunakan primer
Jika makeup yang awet menjadi tujuan utama Anda, primer bisa sangat membantu. Primer akan memberi fondasi yang juga bertugas sebagai pelindung wajah dari kekeringan atau minyak di siang hari.
Intinya, primer akan memastikan makeup Anda tidak akan luntur atau menempel ke manapun.

1 dari 2 halaman

Tips agar makeup awet sepanjang hari

4. Memeriksa foundation
Secara umum, formula bebas minyak akan bertahan lebih lama sebelum akhirnya mengandung terlalu banyak emollient. Namun, jika kulit Anda kering, sebaiknya gunakan foundation yang mampu menghidrasi, seperti bentuk krim atau cair untuk menghindari hasil yang retak di wajah.

5. Gunakan dua perona pipi
Ini bisa dibilang sandwiching, ketika Anda mengaplikasikan perona pipi dalam bentuk krim sebelum foundation, kemudian mengaplikasikan perona pipi dalam bentuk bubuk. Hal ini akan memastikan warna tetap bertahan di tempatnya.
Cobalah memulai dengan warna oranye hangat dan pink untuk membuat semburat wajah yang segar dan natural.

6. Melapisi lipstik
Jika menginginkan lipstik yang awet sepanjang hari, Anda membutuhkan bedak tabur, beberapa pilihan warna lipstik, dan liner-nya. Mulailah dengan mengaplikasikan bedak tabur ke bibir Anda, kemudian aplikasikan lip liner ke garis bibir, dan isi sebagian besarnya. Selesaikan dengan lipstik yang Anda inginkan.

7. Melapisi eyeshadow
Untuk membuat makeup bertahan sepanjang hari, melapisi eyeshadow juga merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan.

8. Gunakan maskara tahan air
Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari riasan mata Anda luntur kemana-mana. Jika formula tahan air membuat bulu mata kering atau rapuh, cobalah gunakan maskara biasa terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan maskara tahan air.

9. Atur makeup
Selalu selesaikan ritual makeup Anda dengan menyemprotkan finishing spray atau bedak. Cara ini akan menciptakan semacam penghalang antara elemen di luar (debu, cuaca, telepon genggam) dengan makeup Anda.

10. Jauhkan tangan Anda
Mungkin Anda seringkali tidak menyadarinya, namun menyentuh wajah sepanjang hari dapat membuat makeup luntur. Belum lagi semua kuman dan bakteri yang ada di ujung jari bukan hanya akan membuat makeup luntur, namun juga kulit terinfeksi.

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda