Sukses

Anugerah BUMN Awards 2017 Tingkatkan Nilai BUMN Bagi Negeri

Liputan6.com, Jakarta Sudah enam kali sejak kali pertama digelar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Track menyelenggarakan Anugerah BUMN. Seperti pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, Anugerah BUMN Awards 2017 ini didukung oleh PPM Manajemen dengan mengusung tema "Peningkatan Nilai BUMN bagi Negeri".

Peningkatan nilai merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara. Hal ini mengingat BUMN menjalankan tiga fungsi strategis, yaitu sebagai instrumen ketahanan nasional, pendorong pertumbuhan perekonomian nasional, dan ujung tombak fungsi kepeloporan serta kebanggaan nasional.

Bercermin pada kesuksesan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, serta mengingat banyaknya torehan prestasi, baik yang diraih BUMN maupun anak perusahaan, pada tahun ini untuk pertama kalinya Anugerah BUMN Awards 2017 tidak hanya melibatkan BUMN, tetapi juga anak Perusahaan BUMN.

SH Sutarto, pemimpin perusahaan majalah BUMN Track sekaligus anggota Dewan Juri, mengatakan bahwa keterlibatan anak perusahaan menjadi nilai tambah bagi kesuksesan penyelenggaraan Anugerah BUMN Awards 2017.

"Kami melihat banyak prestasi yang diraih oleh anak perusahaan. Beberapa di antaranya juga sudah melantai di bursa sehingga performa mereka semakin meningkat. Karena itu, kami merasa perlu untuk memberikan apreasiasi atas pencapaian tersebut," ujar Sutarto.

Proses penjurian Anugerah BUMN Awards 2017 dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, proses penyeleksian dokumen yang berlangsung pada 21 Juli-21 Agustus 2017. Bagi peserta yang lolos, wajib mengikuti tes tahap selanjutnya berupa wawancara korporasi yang berlangsung pada 28-30 Agustus 2017. Tahap terakhir berupa wawancara CEO pada 6-8 September 2017.

Pada saat wawancara, penjurian dihadiri oleh 103 BUMN dan Anak Perusahaan BUMN, 41 diantaranya dihadiri langsung oleh Direktur Utama (Dirut) BUMN dan anak perusahaan BUMN tersebut.

Kategori penghargaan yang diberikan antara lain, BUMN dengan Finansial Terbaik, BUMN dengan Growth Strategy Terbaik, BUMN dengan Tata Kelola Terbaik, BUMN dengan Pengembangan SDM Terbaik, BUMN dengan Transformasi Terbaik, BUMN dengan Inovasi Bisnis Terbaik, BUMN dengan Kolaborasi Terbaik, serta Best of The Best CEO BUMN dan Anak Perusahaan BUMN.

Beberapa BUMN yang mengikuti penjurian di antaranya adalah PT JIEP, PT SMI, PT Bukit Asam, PT KAI, PT Sucofindo, PT Pelindo I, PT Pertamina, PT Krakatau Steel, Bank BTN, PT Angkasa Pura II, dan Perun Bulog. Sementara itu, Anak Perusahaan BUMN di antaranya PT Pertamina Lubricant, PT Mitra Kerinci, PT Indonesia Power, PT Aero Wisata, PT Telin, PT Infomedia Nusantara, dan PT Phapros.

Untuk meraih predikat terbaik pada setiap kategori, setiap BUMN peserta melalui tahapan seleksi Pengisian Kuesioner, Kajian Kuesioner, dan Wawancara Pendalaman Kuesioner oleh Dewan Juri.

Dewan Juri Anugerah BUMN Awards 2017 diketuai oleh Tanri Abeng, sedangkan anggota dewan juri adalah Muhammad Said Didu, Toto Pranoto, Enny Srihartati, Andi Ilham Said, Bramantyo Djohanputro, Astera Primanto Bhakti, Mas Achmad Daniri, Tulus Abadi, Lenita Tobing, Abdulgani, dan SH Sutarto.

Penyerahan penghargaan akan berlangsung pada Jumat (15/9/2017), pukul 18.30-22.00 WIB di Hotel Ritz Carlton Jakarta.


(*)

Artikel Selanjutnya
Menteri Rini: Telkom Harus Jadi Perusahaan Satelit Terbesar
Artikel Selanjutnya
Hotel Indonesia Natour Masih Merugi Rp 20 Miliar