Sukses

Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Panjang umur menjadi salah satu keinginan dari banyak orang, bahkan banyak dari mereka yang rela melakukan segala cara agar tetap awet muda. Lalu negara manakah yang memiliki penduduk yang panjang umur? Menurut informasi yang dikutip dari laman BBC, Senin (4/9/2017), berikut beberapa negara dengan penduduk paling pangjang umur di dunia.

Jepang

Untuk merayakan Seijin No Hi atau hari  kedewasaan, para perempuan rela habiskan Rp 113 juta untuk kimononya (foto: talk-japan.com)
Dengan rata-rata hidup orang Jepang 83 tahun, tidak salah negara matahari terbit ini menjadi negara yang penduduknya paling panjang umur. Beberapa hal yang menyebabkan mereka mampu hidup lama adalah pola makan yang unik, kegiatan sosial yang aktif, serta komunitas yang erat. Bahkan mereka mampu memberikan waktu berkualitas untuk sosial lebih banyak, dibandingkan negara barat.

Spanyol

Matador asal Spanyol Alejandro Talavante berusaha menaklukan banteng Pedraza de Yeltes selama Festival Dax di Dax Arena, barat daya Prancis (12/8). (AFP Photo/Iroz Gaizka)
Terletak di lautan mediterania, Spanyol ternyata menjadi negara dengan harapan hidup tinggi mencapai 82,8 tahun. Salah satu penunjangnya adalah kebiasaan la siesta, yaitu berhenti beraktivitas berat mulai dari jam 2 siang hingga 5 sore. Tidak hanya itu, mereka juga menerapkan diet mediterania yang sangat dekat dengan kebersamaan sosial sehingga tetap panjang umur.

https://www.vidio.com/watch/465404-news-flash-makanan-pedas-dipercaya-bisa-bikin-panjang-umur

1 dari 3 halaman

Singapura

Singapura, Kota termahal di dunia (via: www.cbsnews.com)
Negara kota di Asia Tenggara ini, ternyata menjadi salah satu negara yang penduduknya panjang umur. Terbukti dengan pelayanan kesehatan yang mumpuni dan gaya hidup sehat gemar berolahraga, mereka memiliki harapan hidup hingga 83,1 tahun. Selain itu, alkohol yang mahal juga menjadi faktor penting untuk menekankan hidup sehat bagi masyarakat negeri singa ini.

Swiss

Desa Treisenberg. Walaupun dikenal sebagai negara netral cinta damai, ternyata Swiss pernah 3 kali melakukan 'invasi' ke negara lain. (Sumber warhistoryonline.com)
Negara paling makmur di Eropa ini menjadi salah satu negara panjang umur, dengan usia harapan hidup di angka 81 tahun. Gaya hidup mengonsumsi produk susu, ternyata memberikan pengaruh besar pada negeri yang berada di barisan pegunungan Alpen ini. Bahkan mereka biasa menikmati udara dan lingkungan yang segar, sehingga panjang umur.

2 dari 3 halaman

Korea Selatan

Nikmati beberapa pengalaman unik yang hanya dapat Anda temukan di Seoul, Korea Selatan. (Foto: theseoulguide.com)
Menjadi negara pertama yang usia harapan hidupnya mencapai 90 tahun, Korea Selatan ternyata memiliki rahasia yang tidak umum lagi. Selain gemar mengonsumsi makanan yang sudah difermentasi, Korea Selatan juga memiliki budaya mandi bersama yang mendekatkan masyarakat, sehingga mampu menurunkan kadar stres. Akses kesehatan yang mudah juga memberikan mereka kesempatan hidup jauh lebih sehat.

Indonesia?

Air mancur yang dihiasi lampu saat di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu malam (12/8). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Hingga 2015, usia harapan hidup di Indonesia menurut data dari World Bank bertengger di angka 69 tahun. Berbagai permasalahan gaya hidup sehat dan kemudahan akses kesehatan menjadi poin penting, untuk peningkatan usia harapan hidup republik ini. Tetap saja, banyak orang yang berusia lebih dari 100 tahun tercatat di berbagai daerah di Indonesia. Apakah Anda akan menjadi salah satunya?

Artikel Selanjutnya
5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Artikel Selanjutnya
Ini 20 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Jadi Salah Satunya