Sukses

6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang

Liputan6.com, Jakarta Karier cemerlang adalah impian setiap orang. Tapi tidak semuanya bisa dan sanggup menapaki tangga karier yang didambakan itu.
Bagi kita yang sudah melek teknologi, seharusnya karier bisa lebih cemerlang lagi. Sebab kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang kian pesat untuk mendukung perkembangan karier.
Punya smartphone? Jangan hanya dipakai untuk bergosip atau bahkan malah menyebarkan hoax. Manfaatkan gawai canggih di tangan Anda untuk menyulap karier agar makin cemerlang.
Menurut DuitPintar.com, ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu Anda mewujudkan hal ini. berikut ini di antaranya.

1. CamScanner
Aplikasi ini bisa mengubah foto atau gambar menjadi format PDF. Jadi, seumpamanya diminta mengirim berkas dalam format PDF, foto saja dokumen itu. Lalu, ubah menjadi PDF, dan kirim. Tak perlu pakai alat scanner dan menyalakan komputer. Lebih simpel dan efisien.
Ini berguna terutama ketika sedang berada di luar kantor, di mana tidak ada akses ke scanner. Daripada cari scanner dulu, lebih cepat pakai aplikasi ini. Klien atau atasan yang meminta berkas pun dijamin puas karena cepat mendapat berkas yang diinginkan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

1 dari 4 halaman

2. Google Drive atau iCloud


Aplikasi Google Drive dan iCloud punya fungsi serupa, yakni menyimpan file. Tapi bukan seperti flash disk atau hard disk eksternal yang mesti dibawa ke mana-mana, sistem aplikasi ini menggunakan komputasi awan (cloud computing).
File akan tersimpan di server yang terhubung dengan Internet. Artinya, selama ada koneksi Internet, file itu bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Tak perlu repot membawa-bawa flash disk yang mungkin jatuh atau terserang virus.
Google Drive tersedia di PlayStore, sedangkan iCloud tersedia di App Store. Keduanya gratis, tapi ada versi berbayar jika menginginkan kapasitas penyimpanan lebih besar.

3. Brain Focus
Bila sulit fokus kepada pekerjaan, aplikasi ini sangat berguna. Ini terutama bagi yang dituntut multitasking tapi pekerjaan tidak tuntas dengan baik.
Brain Focus berfungsi mengatur waktu kerja dengan tersistem. Lewat aplikasi ini, kita bisa menentukan waktu kerja dan istirahat secara teratur.
Misalnya ada sebuah tugas. Set waktu 60 menit untuk kerja tahap I, 10 menit istirahat, lalu 30 menit untuk lanjut kerja. Maka, aplikasi itu menjadi pengingat waktu kerja dan istirahat.
Anda akan diberi tahu kapan waktunya kerja dan kapan istirahat. Bahkan ada fitur mematikan koneksi Internet saat waktunya kerja.
Aplikasi ini tersedia gratis di Google Playstore.

2 dari 4 halaman

4. Xyzmo Signature Capture


Tak perlu lagi bingung nge-print dokumen untuk menandatanganinya, cukup pakai aplikasi ini. Xyzmo bisa digunakan untuk menandatangani file PDF langsung di gawai kamu.
Aplikasi ini terutama bermanfaat bagi pengguna tablet atau smartphone dengan fitur stylus pen. Jadi, Anda bisa tanda tangan dokumen dengan menggunakan stylus tersebut.
Tak hanya tanda tangan, Anda pun bisa menambahkan teks ke dalamnya. Teks serta tanda tangan yang dibubuhkan bisa diidentifikasi keasliannya secara forensik.
Xyzmo tersedia di Google PlayStore dan App Store gratis hanya untuk tiga dokumen. Ada dua pilihan langganan berbayar untuk fungsi lebih lengkap, yakni bulanan dan tahunan.

5. Evernote
Salah satu kunci agar karier makin cemerlang adalah pekerjaan yang rapih. Evernote bisa membantu Anda mewujudkan hal ini.
Misalnya dengan membuat to-do list atau catatan penting lainnya. Selain itu, aplikasi ini bisa dipakai untuk menyimpan gambar, video, audio, dan teks. Jadi ketika sedang di jalan menemukan ide, bisa ditulis dulu ide itu di sana agar tak terlupakan.
Bagusnya, aplikasi ini terkoneksi dengan Internet. Kita pun bisa mengaksesnya dari mana pun, tak hanya lewat smartphone sendiri. Selain itu, kita dapat langsung share ide itu ke kolega atau atasan tanpa harus bertemu langsung dengan mereka.
Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore dan App Store. Ada versi berbayar untuk fungsi lebih lengkap dan kapasitas penyimpanan lebih besar.

3 dari 4 halaman

6. WPS Office


WPS Office adalah solusi untuk pengguna smartphone yang ingin mengakses file Office. Fungsinya seperti Microsoft Office di Windows.
Karena saat ini belum ada aplikasi Office di Android maupun iOS, WPS Office bisa digunakan sebagai pengganti. Tak perlu buka komputer untuk mengetik file atau melihat berkas. Cukup pakai aplikasi ini di mana pun dan kapan pun.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Idola K-Pop Ini Punya Hobi Unik
Artikel Selanjutnya
Arnold Leonard, Host Baru Inbox Yang Melejit di Mermaid in Love