Sukses

Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri bersama keluarga memang seru. Aktivitas ini juga pasti membahagiakan karena kita bisa melihat kegembiraan di wajah anak.

Namun hal itu tentu butuh persiapan yang cukup matang. Terutama adalah mempersiapkan dananya, karena Anda tidak hanya membiayai diri sendiri saat liburan.

Belum lagi negara yang akan Anda kunjungi biaya hidupnya belum tentu sama dengan Indonesia. Lalu, harus sedia berapa rupiah jika ingin liburan ke luar negeri bersama keluarga? Apa benar liburan murah ke sana hanya angan-angan?

Jangan patah semangat dulu. Mengajak keluarga untuk berlibur ke luar negeri dengan bujet terjangkau bisa aja direalisasikan. Asalkan Anda tahu caranya.

Jangan biarkan cita-cita membahagiakan keluarga kandas begitu saja. Seperti dikutip dari DuitPintar.com, lakukan langkah-langkah di bawah ini kalau mau liburan ke luar negeri bersama keluarga tanpa menguras kantong.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1. Pilih paket wisata yang ada promonya

Yang namanya promo sudah pasti erat kaitannya dengan hemat. Pilih saja promo paket liburan yang diberikan oleh travel agent. Caranya mudah, buka saja Google.

Meski demikian, jangan sembarangan memilih travel agent. Pilihlah yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Jangan sampai pengalaman liburan Anda jadi berantakan karena memilih agen travel yang tidak profesional.

Bila travel agent yang bersangkutan memiliki promo wisata khusus untuk keluarga, Anda bisa makin untung. Kuncinya, jangan malas untuk mencari informasi. Bandingkan juga paket yang ditawarkan oleh travel agent lain.

2. Pilih destinasi yang ramah anak

Pilihlah destinasi wisata yang ramah anak, seperti taman-taman nasional, museum, atau tempat bermain yang terkenal di negara setempat. Sang anak pun pasti jadi makin gembira kalau diajak ke sana.

Tapi ingat, tetap utamakan tujuan wisata yang ramah di kantong. Kalau bisa, cari yang tiket masuknya gratis. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa harus beli tiket masuk. Makanya, sebelum liburan, riset dan cek dulu destinasi-destinasi menarik di negara tujuan.

3. Bawa barang seperlunya

Karena berangkatnya bersama keluarga, risiko kelebihan muatan bagasi pesawat tentu lebih besar daripada pergi liburan sendiri. Usahakan Anda tidak mengalami hal ini.

Kelebihan muatan di bagasi akan membuat Anda dikenakan charge ketika di bandara. Bawalah barang-barang seperlunya saja, toh sesampainya di luar negeri Anda juga akan belanja oleh-oleh. Pasti bobot koper ketika pulang juga bakal bertambah.

4. Utamakan jalan-jalan ke objek wisata, bukan tempat belanja

Mau liburan ke luar negeri tanpa menguras kantong? Kalau begitu jangan sering-sering menyambangi tempat belanja. Utamakan saja jalan-jalan ke objek wisata di negara tersebut.

Tapi bukan berarti tidak boleh belanja sama sekali. Anggota keluarga juga pasti ingin belanja sesuatu ketika sedang berada di luar negeri. Luangkan saja satu hari, atau pilih jam tertentu dalam satu hari untuk berbelanja. Namun ingat ya, belanjanya jangan berlebihan.

5. Pilih penginapan yang letaknya strategis

Ketika memilih penginapan, usahakan penginapan itu tidak jauh dari bandara, tempat rekreasi, dan pusat perbelanjaan. Kalau lokasi penginapan sudah jauh, nanti anak Anda bisa rewel di jalan.

Belum lagi, sebagai wisatawan Anda juga tidak bisa memprediksi jam macet negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, pilih yang lokasinya mudah dijangkau dan strategis.

6. Pastikan seluruh anggota keluarga dalam kondisi sehat

Tentu sungguh menjengkelkan jika ada anggota keluarga atau bahkan diri sendiri yang tiba-tiba sakit saat liburan. Pasti rencana perjalanan yang sudah dibuat bisa berantakan.

Belum lagi biaya rumah sakit dan berobat di negara lain juga tidak bisa disamakan dengan Indonesia. Tidak sembarang asuransi kesehatan juga bisa berlaku di luar negeri.

Oleh karena itu, jagalah kesehatan dengan baik sebelum berangkat. Jangan begadang, rajin makan makanan bergizi, dan usahakan untuk teratur berolahraga. Intinya, pastikan seluruh anggota keluarga dan diri sendiri ada dalam kondisi prima saat liburan.

7. Gunakan kartu kredit ketika melakukan transaksi di luar negeri

Menggunakan kartu kredit saat bertransaksi di luar negeri merupakan salah satu cara yang bijak untuk menghemat pengeluaran. Asalkan Anda menggunakan kartu kredit yang tepat, yang bisa memberikan keuntungan lebih saat bertransaksi.

Misalnya, tiap transaksi di luar negeri diganjar point rewards dua kali lebih besar dibandingkan dengan bertransaksi di dalam negeri, dan lain sebagainya.

 

Artikel Selanjutnya
Patut Dicoba, Wisata Unik ala Dude Harlino
Artikel Selanjutnya
5 Gaya Libur Panjang Anti Ribet Tanpa Harus ke Luar Kota